Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 89 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 89 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas V.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa yang digunakan dengan pendekatan PMRI, dan Kelas V.B sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel menggunakan cluser random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes digunakan untuk kemampuan berfikir kritis matematis dan angket digunakan untuk motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji ANAVA Dua Jalur. Kesimpulan dari hasil penelitian: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI Terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswa; 2. Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berfikir kritis matematis siswa berdasarkan motivasi belajar siswa; 3. Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan PMRI dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, A. M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD. Journal Of Basic Educations Students , 751-752.
Arifin, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Kelas IV MI. Jurnal Mathematics Education , 36-43.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Azizah M., S. J. (2018). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada
Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Auladuna Efektifitas Pendidikan Matematika Realistik Indonesia , 35.
Bambang Eko Susilo, N. A. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 12 (2).
Claudia S, .. S. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar , Vol.7 No 2,210-221.
Dwipayana. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis OPEN ENDED Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SD Kelas V. Journal of Education Tecnology , Vol.2 (3) 87 - 94.
Fitria, R. N., Nabila, R. F., Wardani, M. P., Zalsabella, M. P., Pertiwi, W., & Darmadi, D. (2021). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Unipma Dalam Memecakan Masalah Geometri Ditinjau Dari Aspek Filsafat Ilmu Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 76-84.
Haryono, M. (2019). Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara , 1(1), 19-26.
Ismaimuza, D. (Palu). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa. Jurnal Matematika Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP , 375-378.
Kadir, A. &. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Motivasi Belajar. YUME: Journal of Management , 3(3), 51-64.
Kesumawati, Kesumawati, N., Reta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistik Penelitian. Depok : Rajawali Pers.
Khamid, A. &. (2016). Keefektifan Pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP . PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika , 11 (2), 111.
Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi soal Cerita Himpunan di kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , Volume 2, Nomor 1 (hlm.1-11).
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal on Mathematics Education , 1(1), 11-16.
Setyowati, A. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 7:89-96.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, E., Setyansah, R. K., & Devina, D. (2021). GeoGebra Application Based Tutorial Materials to Improve Spatial Mathematics Abilities in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 175-181.
Wahyuningrum, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Indonesia Mathematics Education , 36-43.
Yuliarisma, S. A., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nisa, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menyeimbangkan Psikologi Anak Pada Pembelajaran Matematika Masa Covid 19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 70-75.
Article Metrics
Abstract has been read : 695 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats