Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 89 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14159Keywords:
PMRI, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 89 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas V.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa yang digunakan dengan pendekatan PMRI, dan Kelas V.B sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel menggunakan cluser random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes digunakan untuk kemampuan berfikir kritis matematis dan angket digunakan untuk motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji ANAVA Dua Jalur. Kesimpulan dari hasil penelitian: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI Terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswa; 2. Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan berfikir kritis matematis siswa berdasarkan motivasi belajar siswa; 3. Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan PMRI dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswa.
Downloads
References
Annisa, A. M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD. Journal Of Basic Educations Students , 751-752.
Arifin, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Kelas IV MI. Jurnal Mathematics Education , 36-43.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Azizah M., S. J. (2018). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada
Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Auladuna Efektifitas Pendidikan Matematika Realistik Indonesia , 35.
Bambang Eko Susilo, N. A. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 12 (2).
Claudia S, .. S. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar , Vol.7 No 2,210-221.
Dwipayana. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis OPEN ENDED Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SD Kelas V. Journal of Education Tecnology , Vol.2 (3) 87 - 94.
Fitria, R. N., Nabila, R. F., Wardani, M. P., Zalsabella, M. P., Pertiwi, W., & Darmadi, D. (2021). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Unipma Dalam Memecakan Masalah Geometri Ditinjau Dari Aspek Filsafat Ilmu Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 76-84.
Haryono, M. (2019). Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara , 1(1), 19-26.
Ismaimuza, D. (Palu). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa. Jurnal Matematika Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP , 375-378.
Kadir, A. &. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Motivasi Belajar. YUME: Journal of Management , 3(3), 51-64.
Kesumawati, Kesumawati, N., Reta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistik Penelitian. Depok : Rajawali Pers.
Khamid, A. &. (2016). Keefektifan Pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP . PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika , 11 (2), 111.
Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi soal Cerita Himpunan di kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , Volume 2, Nomor 1 (hlm.1-11).
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal on Mathematics Education , 1(1), 11-16.
Setyowati, A. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 7:89-96.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, E., Setyansah, R. K., & Devina, D. (2021). GeoGebra Application Based Tutorial Materials to Improve Spatial Mathematics Abilities in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 175-181.
Wahyuningrum, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Indonesia Mathematics Education , 36-43.
Yuliarisma, S. A., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nisa, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menyeimbangkan Psikologi Anak Pada Pembelajaran Matematika Masa Covid 19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 70-75.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.