Desain Didaktis Pembelajaran Sifat-Sifat Persegi Panjang Untuk Siswa Kelas III SD

Authors

  • Rosita Maulina Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14095

Keywords:

Didactical Design Researc, Learning obstacles, hypothetical learning trajectory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis pada materi sifat-sifat persegi panjang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacles (LO) dan analisis terhadap learning trajectory siswa dalam mempelajari sifat-sifat persegi panjang dikelas III SD Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian desain didaktis (didactical design research) dengan tiga tahapan, yaitu a) Analisis Prosfektif, b) Analisis Metapedadidaktik, dan c) Analisis Retrosfektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa LO yang dialami siswa pada materi sifat-sifat persegi panjang yaitu siswa kurang menguasai materi prasyarat, siswa masih ada yang belum mengenal bentuk bangun datar, siswa tidak bisa membedakan bangun datar persegi dengan persegi panjang, siswa belum bisa menentukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang. HLT disusun berdasarkan LO yang dialami siswa yaitu: 1) mengenal dan menentukan bentuk bangun datar pada benda-benda konket, 2) membedakan bangun datar persegi dengan persegi panjang, 3) mengidentifikasi dan menentukan sifat-sifat persegi panjang pada gambar. Desain didaktis diimplementasikan dan diperoleh hasil tes identifikasi akhir dan mengalami penurunan LO dibandingkan pada saat tes diagnostik awal. Berdasarkan temuan tersebut dilakukan revisi terhadap desain didaktis hipotetik dan diperoleh desain didaktis revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, K. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT rajagrafindo Persada.

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.

Desmayanasari, D., & Hardianti, D. (2021). Desain Didaktis Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat. Jurnal Gammath, 6, 24.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Dasar. masharafa, volume 6, 19, 20.

Fuadiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS), Kajian Karakteristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jural Pendidikan Matematika: Judika Education.

Kuswidyanarko, A., & Pratama, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair Share Berbantuan Worksheet Berbasis Karakter pada Materi Pokok Bangun datar. Jurnal Riset Pedagogik .

Manullang, F. R. (2017). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Palembang: CV Amanah .

Manullang, F. R. (2019). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Jakarta: KENCANA.

Mulyono. (2011). Teori APOS dan Implementasinya dalam Pembelajaran. JMEE, 37-45.

Nurhalimah, S., Nur'aeni, E., & Nugraha, A. (2020). Desain Didaktis Sifat-Sifat Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran SPADE untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.

Nursaidah, A., Nuraeni, E., & Pranata, O. H. (2018). desain didaktis sifat-sifat persegi dan persegi panjang berbasis permainan tradisional oray-orayan di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, volume 5 no 4, 10-20.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya : Suatu Pengantar). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran MIPA Universitas Negeri Malang.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1.

Suryadi, D. (2019). MONOGRAF 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: GAPURA PRESS.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 21.

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles