Desain Didaktis Pembelajaran Sifat-Sifat Persegi Panjang Untuk Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14095Keywords:
Didactical Design Researc, Learning obstacles, hypothetical learning trajectoryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis pada materi sifat-sifat persegi panjang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacles (LO) dan analisis terhadap learning trajectory siswa dalam mempelajari sifat-sifat persegi panjang dikelas III SD Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian desain didaktis (didactical design research) dengan tiga tahapan, yaitu a) Analisis Prosfektif, b) Analisis Metapedadidaktik, dan c) Analisis Retrosfektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa LO yang dialami siswa pada materi sifat-sifat persegi panjang yaitu siswa kurang menguasai materi prasyarat, siswa masih ada yang belum mengenal bentuk bangun datar, siswa tidak bisa membedakan bangun datar persegi dengan persegi panjang, siswa belum bisa menentukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang. HLT disusun berdasarkan LO yang dialami siswa yaitu: 1) mengenal dan menentukan bentuk bangun datar pada benda-benda konket, 2) membedakan bangun datar persegi dengan persegi panjang, 3) mengidentifikasi dan menentukan sifat-sifat persegi panjang pada gambar. Desain didaktis diimplementasikan dan diperoleh hasil tes identifikasi akhir dan mengalami penurunan LO dibandingkan pada saat tes diagnostik awal. Berdasarkan temuan tersebut dilakukan revisi terhadap desain didaktis hipotetik dan diperoleh desain didaktis revisi.
Downloads
References
Afidah, K. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.
Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.
Desmayanasari, D., & Hardianti, D. (2021). Desain Didaktis Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat. Jurnal Gammath, 6, 24.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Dasar. masharafa, volume 6, 19, 20.
Fuadiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS), Kajian Karakteristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jural Pendidikan Matematika: Judika Education.
Kuswidyanarko, A., & Pratama, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair Share Berbantuan Worksheet Berbasis Karakter pada Materi Pokok Bangun datar. Jurnal Riset Pedagogik .
Manullang, F. R. (2017). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Palembang: CV Amanah .
Manullang, F. R. (2019). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Jakarta: KENCANA.
Mulyono. (2011). Teori APOS dan Implementasinya dalam Pembelajaran. JMEE, 37-45.
Nurhalimah, S., Nur'aeni, E., & Nugraha, A. (2020). Desain Didaktis Sifat-Sifat Persegi Panjang Berbasis Model Pembelajaran SPADE untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
Nursaidah, A., Nuraeni, E., & Pranata, O. H. (2018). desain didaktis sifat-sifat persegi dan persegi panjang berbasis permainan tradisional oray-orayan di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, volume 5 no 4, 10-20.
Prahmana, R. C. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya : Suatu Pengantar). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.
Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran MIPA Universitas Negeri Malang.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1.
Suryadi, D. (2019). MONOGRAF 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: GAPURA PRESS.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik , 21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.