Desain Didaktis Pada Pembelajaran Konsep Skala Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Cicih Maskunah Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14091

Keywords:

Desain Didaktis, Learning Obstacle, HLT.

Abstract

Penelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep skala kelas V Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analaisis metapedadidaktik, dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis learning obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan, dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep skala. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan desain didaktis pada materi konsep skala makalearning obstacle dapat di minimalisir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atsnan, M. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.11 NO.1 , 57-63.

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.

Fuadiah, N. (2017). Hyphotetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. Mosharafa. Pendidikan matematika, vol 6. no 1 , 13-24.

Fuadiah, N. (2017). Potential Effect Desain Didaktis Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Bilangan Bulat Negatif. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 249.

Fuadiah, N. (2021). Desain Didaktis dalam Perspektif Merdeka Belajar. Porsiding ddr conference,4.

Hasanah, R. Z. (2017). Desain Didaktis Konsep Skala Berbasis RME. indonesian journal of primary education , 81-86.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (teori dan praktik terbaik di sekolah). Bandung : refika Aditama.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research . Depok : Rajawali Pers.

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (Ddr). Bandung : Gapura Press.

Suryadi, D. (2016). Monograf Didactical Design Research (Ddr). Bandung : RIZQI PRESS.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (Ddr) Dan Implementasinya. Bandung: GAPURA PRESS.

Downloads

Published

2023-03-08

Issue

Section

Articles