Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ratih Widuri Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Aldora Pratama Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14088

Keywords:

Desain Didaktis, Learning Obstacle, Hypothetical Learning Trajectory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain didaktis simetri lipat untuk siswa kelas III Sekolah Dasar berdasarkan Learning Osbtacle. Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Disegn Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu; analisis prosfektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis LO disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) yang meliputi: tujuan pembelajaran, aktivitas siswa dan hipotesis kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi simetri lipat dan ada tiga tujuan pembelajaran yaitu; mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat, menyelesaikan simetri lipat pada bangun datar menggunakan benda konkret, menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar yang benar. Desain didaktis ini dapat diimplementasikan menggunakan media pembelajaran gambar dan bangun datar, setelah diterapkan mengalami penurunan pada LO yang muncul pada materi simetri lipat, artinya desain didaktis ini mampu menjadi solusi dari hambatan belajar yang terjadi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothecial Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. JURNAL MOSHARAFA, 6.

Fuadiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS) Kajian Krakteristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4.

Lestari, J., Pratanata, O. H., & Muiz, D. A. (2018). Desain Didaktis Jaring-jaring kubus dan balok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH, 5, 263-273.

Manullang, F. R. (2021). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Muhibba, I. (2018). "Perkembangan Teknologi" Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Munawar. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Simetri Lipat dan Simetri Putar Pendekatan Kooperatif Tpe STDA. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2, 3-16.

Nurwani, Putra, W. R., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemefaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika. NUMERICAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1, 97-101.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, R. W., & Setiawati, N. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11, 139-148.

Rismaya, R., Rustono, & Lidnillah, D. A. (2018). Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKIOLAH DASAR, 5, 296-307.

Sari, R. D., Masruroh, M., Fitritunnisa, W., & Lusiana, R. (2021). Terapi Aktivitas Berbasis Aquaponik Pada ODGJ Desa Paringan Ponorogo Untuk Mewujudkan Kesehatan Jiwa Di Masa Pandemi Covid 19. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-31.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). (T. G. Press, Ed.) Bandung: Gapura Press.

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: GAPURA PRESS.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: GAPURA PRESS.

Syahrul, S., & Nur'aeni, E. (2018). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Berbasis Permainan Congkak di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIK: JURNAL ILMIAH, 5, 206-216.

Zuliana, E. (2017). Desain Siputmatika Dan Rancangan Lintasan Belajar Siswa Sekolah Dasar Materi Simetri Putar. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 2, 34-45.

Downloads

Published

2022-10-08

Issue

Section

Articles