Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Mts Al- Wasliyah Titi Merah Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Mapilindo Mapilindo Universitas Asahan
  • Hanina Hanina Universitas Asahan
  • Sri Rahmayanti Universitas Asahan
  • Inayah Rizka Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13795

Keywords:

Think-Pair-Share, kemampuan pemecahan masalah siswa

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII Mts Al-Wasliyah Titi Merah T.A 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen pada kelas VII-A dan VII-B semester genap. Penelitian ini adalah seluruh kelas VII Mts Al-Wasliyah Titi Merah. Dalam penelitian ini teknik menentukan sampel adalah teknik cluster random sampling dengan  kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan instrument tes. Untuk tes kemampuan  pemecahan  masalah siswa teknik analisis data yang digunakan uji statistik t. Hasil uji statistik t pada kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh thitung = 2,11 > ttabel = 1,71 pada taraf signifikan karena thitung  > ttabel, maka hipotesis diterima, artinya  rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model Think-Pair-Share  lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model Think-Pair-Share terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Meilisah, O. A., Friansyah, D., & Refianti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Mts Negeri Lubuklinggau. 39, 1–2.

Miftahuddin, & AR, F. (2018). Korelasi antara validitas pada evaluasi yang digunakan dalam menilai hasil belajar siswa dengan hasil kegiatan MGMP matematika di kabupaten pidie. Matematika, Statistika Dan Komputasi, 4(2), 76–89.

Nasional, U. S. P. (2018). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Sarifudin, & Evendi, H. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A S. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1331–1343. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473

Setiadi, H. (2018). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bolabasket (Studi Eksperimen Di Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Smp Negeri 2 Arjawinangun). Universitas Pendidikan Indonesia, 33–44.

Sossriati, M., & Ristontowi. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Instruction ( PBI ) di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 122–129.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Downloads

Published

2022-09-06

Issue

Section

Articles