PENYUSUNAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DI KAWASAN AIR TERJUN TELENG NGAWI SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS X

Eno Erika Solihah, Sri Utami, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun produk berupa ensiklopedia sumber belajar kelas X keanekaragaman capung (Odonata) di Kawasan Air Terjun Teleng Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengidentifikasi dan mengolah data hasi observasi di lapangan air terjun teleng sesuai dengan fakta, keadaan dan data saat penelitian berlangsung. Penelitian ini menguraikan situasi yang terjadi dengan data bersangkutan. Identifikasi capung (Odonata) dilakukan selama bulan Februari sampai Juni 2022, dan menemukan 7 spesies yaitu Rhinocypha fenestrate, Vestalis luctuosa, Euphaea variegate, Copera marginipes, Orthetrum sabina, Crocothemis servillia, dan Neurothemis terminate. Temuan penelitian tersebut menjadi bahan penyusunan ensiklopedia keanekaragaman capung (Odonata). Tahapan penyusunan ensiklopedia antara lain: (a) penyusunan draft ensiklopedia, (b) validasi ensiklopedia, (c) revisi ensiklopedia hasil validasi berdasarkan kritik dan saran validator, (d) cetak produk ensiklopedia. Validasi dilakukan oleh 2 validator yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Terbentuk Ensiklopedia dengan judul: “Ensiklopedia Keanekaragaman Odonata di Kawasan Air Terjun Teleng Ngawi”. Hasil perhitungan validasi Ensiklopedia tersebut adalah 79% yang berarti bahwa Ensiklopedia itu layak digunakan sebagai bahan pembelajaran SMA kelas X yang berbasis kearifan lokal. Kata Kunci : Ensiklopedia, Capung, Air Terjun Teleng Abstract: This study aims to compile a product in the form of an encyclopedia of learning resources for class X diversity of dragonflies (Odonata) in the Teleng Ngawi Waterfall area. This research is a qualitative research that identifies and processes data from observations in the teleng waterfall field in accordance with the facts, circumstances and data during the research. This study describes the situation that occurs with the relevant data. The identification of dragonflies (Odonata) was carried out from February to June 2022, and found 7 species, namely Rhinocypha fenestrate, Vestalis luctuosa, Euphaea variegate, Copera marginipes, Orthetrum sabina, Crocothemis servillia, and Neurothemis terminate. The findings of this study became the material for compiling an encyclopedia of dragonfly diversity (Odonata). The stages of compiling the encyclopedia include: (a) drafting of the encyclopedia, (b) validation of the encyclopedia, (c) revision of the validation result of the encyclopedia based on the validator's criticisms and suggestions, (d) printing of the encyclopedia product. Validation was carried out by 2 validators, namely the material expert validator and the media expert validator. An Encyclopedia was formed with the title: "The Encyclopedia of Odonata Diversity in the Teleng Ngawi Waterfall Area”. The result of the calculation of the validation of the Encyclopedia is 79%, which means that the Encyclopedia is suitable to be used as a learning material for class X high school based on local wisdom.

Keywords


Encyclopedia, Dragonfly, Teleng Waterfall

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Syarif Hidayat. 2018. “Indeks Keanekaragaman Capung (Insecta: Odonata) Sebagai Pengukur Kualitas Lingkungan Sungai Dalam Kawasan Taman. Nasional Bantimurung Bulusaraung.” Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian … 2018: 86.

Arifah, Dini, Handoko Sntoso, and Rasuane Noor. 2017. “Indeks Keanekaragaman Echinodermata Di Pantai Tanjung Setia Kabupaten Pesisir Barat Sebagai Sumber Belajar Biologi Sma Kelas X.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 8(2): 117.

Budijanto, Iskandar, and A Amirudin. 2016. “Pengembangan Buku Teks Geografi Dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia.” Jurnal Pendidikan 1(2011): 137–43.

Fajar, Etikumami. Utami, Sri. 2020. “Penyusunan Ensiklopedia Ragam Makroinvertebrata Akuatik Berbasis Penelitan Eksplorasi.” Simbiosis 9(May): 6.

Febriani, Anya Via. 2021. “Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Cendawan Di Desa Bleber Bener Purworejo Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA.” I: 39–49.

Herlambang, Alamsyah Elang Nusa, Mochamad Hadi, and Udi Tarwotjo. 2016. “Struktur Komunitas Capung Di Kawasan Wisata Curug Lawe Benowo Ungaran Barat.” Bioma : Berkala Ilmiah Biologi 18(2): 70.

Kuswanto, Joko, and Ferri Radiansah. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” Jurnal Media Infotama 14(1).

Mahipal. 2018. “Kebijakan Pengelolaan Keanekaramagan Hayati.” Cendekia ihya 1 :1: 22–32.

Marsella, Fenita, Sri Utami, and Nurul Kusuma Dewi. 2019. “Ensiklopedia Berdasarkan Keanekaragaman Dan Kemelimpahan Plankton Pada Ekosistem Mangrove Mengare Gresik.” Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV (2008): 183–90.

Risti, Anggun Karina et al. 2017. “Penyusunan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Penelitian Pengaruh Merkuri Terhadap Pertumbuhan Azotobacter Diisolasi Dari Rizozfer Leguminoceae.” (September): 389–94.

Rohmah, Devita Ainun, Sri Utami, and Cicilia Novi Primiani. 2020. “Penyusunan Ensiklopedia Dan Media Katalase Resin Berbasis Identifikasi Keanekaragaman Arthropoda Tanah Dikawasan Alas Kucur Kabupaten Ponorogo Sebagai Sumber Belajar Sma Kelas X.” Prosiding Seminar Nasional Simbiosis V (2017): 123–30.

Sari, Yanita Perwita. et al. 2017. “Penyusunan Modul Sma Kelas x Pada Materi Animalia Berbasis Keanekaragaman Serangga Ordo Lepidoptera Di Hutan Banjarejo Ngawi.” (September): 239–45.

Syafriah, Umiati. 2017. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Animalia Invertebrata Untuk Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 8(2): 1–5.

Utami, S, J Widiyanto, and B Mardika. 2021. “Penyusunan Ensiklopedia SMA Kelas X Berbasis Identifikasi Keanekaragaman Gastropoda Sebagai Bioindaktor Kualitas Air Sungai Nogosari Pacitan.” JEMS: Jurnal Edukasi … 9(1): 143–49.

Virgiawan, Candra, Iin Hindun, and Sukarsono. 2015. “Studi Keanekaragaman Capung (Odonata) Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Brantas Batu-Malang Dan Sumber Belajar Biologi.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 1(2): 188–96.

Yunasiska, Elza Anggun, Irwandi Ansori, and Abdul Rahman. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Identifikasi Keanekaragaman Capung Di Persawahan Desa Tabeak Kauk Kabupaten Lebong.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 4(1): 24–30.


Article Metrics

Abstract has been read : 280 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v%25vi%25i.13373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats