Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penggunaan Platform Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12131Keywords:
Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Platform Pembelajaran, Blended Learning, Pasca Pandemi Covid-19Abstract
Pendidikan memberikan berbagai perubahan positif bagi manusia. Perubahan tersebut dapat diperoleh apabia dalam pelaksanaan pedidikan dilakukan secara tetap. Salah satu problem terletak pada persoalan pemerataan pendidikan, ditambah kondisi saat ini pada pasca covid-19. Tujuan penelitian ini memberikan pemahaman terkait pemafaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran online dimasa pandemi untuk meningkatkan mutu proses blendead learning pasca covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatif dengan jenis observasi alami (natural observation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 71 peserta didik dengan teknik sampling adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan teknologi sangat menunjang proses pembelajaran pasca pandemi covid-19.
Downloads
References
Alfaruuqi, M. F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Psikis Anak Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam SDN 01 Girimulya Bengkulu Utara, 6.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Basri, M., Yusuf, P., Lestari, N.I., dan Insani, M. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SMA Di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan." J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2): 53-57.
Djamarah, S. B. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitria, N., Karmila, J., dan Nurchurifiani. (2020). Pelatihan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Guru-Guru Ekonomi Akuntansi Di SMK Yadika Natar Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2): 12-18.
Graham, C. R. (2014). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Dalam Bonk, C.J. & Graham, CR.Eds. Impress Handbook Of Blended Learning: Global Persepektives, local designs. San Fransisco CA: Pfeiffer Publishing
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Henzi & procter, C. (2004). Reflections On The Use Of Blended Learning, dari http://www.ece.salford.ac.uk/proccedings/papers/ah_o4.rtf. Diakses pada tanggal 01 Februari 2022.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran, Blended Learning, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Ilmawan, Ikhsan, (2015). Guru Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan Disekolah Dalam Proses Belajar Mengajar. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1): 38-49.
Lalima, K. L.D. (2017) Blended Learning: An Inovative Approach. Universal Journal Of Educational Reserch.
Latip, A. (2020). Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknologi 1(2): 108–119
Lestari, S. (2018).Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.†Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):95–96.
Mayeni, M. (2017). Sosialisasi Teknologi Informasi: Pengabdian Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok." Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 1(1): 21-25.
Mufida, E. (2015). The Development Of Interactive Teaching Materials Based On Offline Web In The Topic Of Simple Machine For Fifth Grade Student In MIN Kanigoro Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Munawar, (2017). Penyuluhan Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Abdimas, 3(2): 77-81.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Agriekstensia, 19(2): 121-128.
Padmini, K.H., dan Brigitta, P. A. T. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa : Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 60. Surakarta, 2015. https://media.neliti.com/media/publications/171192-ID-teknologi-pendidikan-sebagaipembelajara.pdf
Putro, K.Z., Muhammad, A. A., Wulandari, N., and Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1 (1): 124-140.
Salsabila, U.H., Sari, L.I., Lathif, K.H., Lestari, A.P., Ayuning, A. (2020) Pern Teknologi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajin Sosial Keagamaan, 17(2): 188-198.
Selwyn, N. (2011). Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri) Rebublik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 dan Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelejaran Tatap Muka (PTM) terbatas dimasa pandemi covid-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.