Efetivitas Pembelajaran E-learning untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi di MTs Ihyaul Ulum pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Achmad Ali Asfahan Universitas Negeri Surabaya
  • Ismet Basuki Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12115

Keywords:

E-learning, pembelajaran daring, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas pembelajaran daring menggunakan media e-learning terhadap prestasi siswa selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran teknologi informasi. Metode penelitian penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik MTs Ihyaul Ulum yang diajar pada mata pelajaran teknologi informasi menggunakan metode daring. Sampel penelitian yakni peserta didik kelas VII MTs Ihyaul Ulum yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran teknologi informasi menggunakan media e-learning yaitu baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyard, Azhar. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.

Idhom, Addi. 2020. Update Corona 24 April 2020 Indonesia dan Dunia, https://tirto.id/update-corona-24-april-2020-indonesia-dunia-perkembangan-terkini-eVjw. Diakses tanggal 24 April 2020 pukul 19:37.

Solak Ekrem and Recep Cakir. (2015). Language learning strategies of language e-learners in Turkey, https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2042753 014558384. Diakses tanggal 2 Januari 2021 pukul 19:53

Downloads

Published

2022-03-01

Issue

Section

Articles