Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persegi Panjang Untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.11804Abstract
Penggunaan bahan ajar maupun media pembelajaran yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir, hasil belajar peserta didik dan penguasaan materi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pesegi panjang untuk kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori Sugiyono yang memiliki 10 tahapan yaitu (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba skala kecil, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba skala besar, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh expert review (validator) berdasarkan aspek kelayakan kegrafikan, aspek kelayakan bahasa dan aspek kelayakan penyajian dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 92,3%. E-modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 87,2% untuk kelompok kecil (small group), dan e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 86,25%. Jadi pengembangan e-modul berdasarkan tahap pengembangan Sugiyono dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial sehingga produk layak digunakan di dalam proses pembelajaran.
Â
Â
Downloads
References
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal:Jurnal Matematika, 2(2),147-153.
Harisa. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Palopo: IAIN PALOPO.
Joenaidy, A, M. (2019) Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 150-163.
Malik, R., & Mudjiarti, T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas III Sdn Jeruk II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.
Purwanto, N. (2017). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuniarti, V. F., Anriani, N., & Santosa, C. A. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Smartphone Pada Materi Integral Tak Tentu Berorientasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 222-233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.