Peningkatan Kompetensi Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Model Pembinaan CLCK dalam Program Penyusunan RPP di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11706Keywords:
Kompetensi, KBM, Model Pembinaan CLCKAbstract
Peranan pendidikan dalam pembentukan diri seseorang sebagai sumber daya manusia tersebut sebagai tujuan umum pendidikan yang meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Namun kenyataan yang ada terbalik berdasarkan hasil supervisi oleh penulis selaku kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun terhadap guru-guru di sekolah tersebut masih dominan menggunakan pengelolaan pembelajaran berdasarkan pola lama dan masih dominan menggunakan pengelolaan pembelajaran yang tidak sesuai karakteristik siswa dan situasi kelas.  Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiundalam program menyusun RPP dengan penerapan metode CLCK. Jenis penelitian yang akan digunakan tergolong pada penelitian tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah Guru kelas dengan jumlahnya 6 orang dengan teknik observasi dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I hingga siklus II terdapat dipeningkatan kinerja guru yang signifikan dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model pembinaan CLCK dalam program penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun, karena guru memperoleh suatu pengalaman baru dalam penyelenggaraan program penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Downloads
References
Anonim, 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Anonim, 2007, Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Madrasah SMA/SMK, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Anonim, 2005, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005,Jakarta,Tentang Guru dan Dosen, Cemerlang Jakarta.
Anonim, 2008, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Madrasah TK/SD, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral PMPTS.
Basuki, Wibawa, 2003, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
______, 2003, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
______, 2008, PedomanPendampingan Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Bagi Pengawas Madrasah SD dan SMP, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.
______, 2008, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Madrasah TK/SD, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.
______, 2008, Laporan Penelitian Tindakan Madrasah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Madrasah Bacaan Pendulung Pada Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tindakan Madrasah, UNY, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.