Peningkatan Kompetensi Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Model Pembinaan CLCK dalam Program Penyusunan RPP di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun

M Fuad Hariri

Abstract


Peranan pendidikan dalam pembentukan diri seseorang sebagai sumber daya  manusia  tersebut  sebagai tujuan  umum pendidikan  yang meliputi  aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Namun kenyataan yang ada terbalik berdasarkan hasil supervisi oleh penulis selaku kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun terhadap guru-guru di sekolah tersebut masih dominan menggunakan pengelolaan pembelajaran berdasarkan pola lama dan masih dominan menggunakan pengelolaan pembelajaran yang tidak sesuai karakteristik siswa dan situasi kelas.  Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiundalam program  menyusun RPP dengan penerapan metode CLCK. Jenis penelitian yang akan digunakan tergolong pada penelitian tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah Guru kelas dengan jumlahnya  6 orang dengan teknik observasi dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I hingga siklus II terdapat dipeningkatan kinerja guru yang signifikan dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model pembinaan CLCK dalam program penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun, karena guru memperoleh suatu pengalaman baru dalam penyelenggaraan program penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.


Keywords


Kompetensi; KBM; Model Pembinaan CLCK

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Anonim, 2007, Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Madrasah SMA/SMK, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Anonim, 2005, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005,Jakarta,Tentang Guru dan Dosen, Cemerlang Jakarta.

Anonim, 2008, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Madrasah TK/SD, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral PMPTS.

Basuki, Wibawa, 2003, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

______, 2003, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.

______, 2008, PedomanPendampingan Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Bagi Pengawas Madrasah SD dan SMP, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

______, 2008, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Madrasah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Madrasah TK/SD, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

______, 2008, Laporan Penelitian Tindakan Madrasah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Madrasah Bacaan Pendulung Pada Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tindakan Madrasah, UNY, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 114 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats