Analisis Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Posing Tipe Pre-Solution untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kisaran

Authors

  • Nova Eliza Silaen Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11218

Keywords:

problem posing, pre-solution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Tipe Pre-Solution Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Reasearch) yaitu metode yang digunakan dalam penelitin ini bersumber dari data nilai mata pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Kisaran. Sumber data dibatasi dari 12 kelas unggulan di SMA Negeri 1 Kisaran. Yaitu 6 kelas Program IPA dan 6 kelas Program IPS. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data nilai raport siswa. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa  Pembelajaran Matematika menggunakan  model problem Posing tipe pre-solution sangat berpengaruh dalam  meningkatkan prestasi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece, 2010, Motivation in Education, Third Edition,

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Effendi,S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Jihad, A.dan Haris.(2010).Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta:Multi Pressindo.

New Jersey, Pearson Prentice Hall

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagafindo Persada

Sutiyono, 2012. Menuju Pembelajaran Bermakna melalui Peragaan Kesenian. Jurnal Pembelajaran. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2022-03-02

Issue

Section

Articles