Pengembangan E-Modul berbasis PTT Interaktif Dengan Model ADDIE Menggunakan Google Classroom

Authors

  • Sri Firmandari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Djoko Adi Walujo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11079

Keywords:

Pengembangan, E-modul, Pembelajaran Interaktif, Model ADDIE, Google Classroom

Abstract

Di dunia pendidikan matematika merupakan pelajaran yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran matematika adalah suatu proses berpikir disertai dengan aktivitas fisik dan afektif. Penggunaan IT secara cepat dan tepat dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran secara online dengan menggunakan fasilitas google classroom. Disini Penulis mengembangkan e-modul menggunakan Software Microsoft Power Point 2010, Pengembangan e-modul ini mengunakan model ADDIE yang didasari oleh pertimbangan bahwa model ini mudah dipahami dan dikembangkan secara sitematis. Berdasarkan produk e-modul yang dikembangkan dengan Software Microsoft Power Point 2010 yang kemudian divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli disain, teman sejawat dan siswa menunjukan hasil uji coba tersebut dengan hasil akhir skore angket respon siswa dengan rata – rata presentase respon positif sebesar 78% dan rata – rata angket respon guru sebesar 96,43% yaitu sangat positif, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran dengan menggunakan Software Microsoft Power Point 2010 yang telah dikembangkan ini diketahui sangat baik dan dapat digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina Aziziyah, D. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Berbasis Android Dengan Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Di SMKN 4 SEMARANG. 72.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). No Title No Title No Title. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2009), 103–111.

Bahroni, I., Purwanto, R., & Rahadi, N. W. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Menggunakan PowerPoint Bagi Guru-guru SMP, SMK dan SMA Di Kabupaten Cilacap. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.33

Erfan, M., & Turrahmi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya. March 2018. https://doi.org/10.31227/osf.io/t6ky9

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Maryam. (2018). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Skripsi.

Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Putri, S. K., Hasratuddin, H., & Syahputra, E. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 393–400. https://doi.org/10.29333/iejme/5729

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Saletti-cuesta, L., Abraham, C., Sheeran, P., Adiyoso, W., Wilopo, W., Brossard, D., Wood, W., Cialdini, R., Groves, R. M., Chan, D. K. C., Zhang, C. Q., Josefsson, K. W., Cori, L., Bianchi, F., Cadum, E., Anthonj, C., NIH Office of Behavioral and Social Sciences, Deci, E. L., Ryan, R. M., … IOTC. (2020). No Title. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 211–228. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2235

Silitonga, F. S. (2018). Desain E-Modul Berbasis Kemaritiman Pada Matakuliah Kimia Lingkungan Dengan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Zarah, 6(2), 63–67. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.773

TIM UNY. (2016). Modul Vs E-modul. <http://Stafnew.Uny.Ac.Id/Upload/1984013-12014042002/Pengabdian/Modul Vs E-Modul.Pdf>.

Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/134/124

Zainul, R., Oktavia, B., & putra, ananda. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yhau2

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles