Efektivitas Media Google Meet Sebagai Pembelajaran Kelas Virtual dengan bantuan Software GeoGebra terhadap Kemampuan Spasial pada pokok bahasan Ruang Dimensi Tiga di Kelas XII SMA Negeri 1 Air Batu T.A 2020/2021

Authors

  • Siti Rahmawati Universitas Asahan
  • Anil Hakim Syofra Universitas Asahan
  • Sri Rahma Dewi Saragih Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11078

Keywords:

Google Meet, Software GeoGebra, Ruang Dimensi Tiga, Kemampuan Spasial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan media Google Meet sebagai pembelajaran kelas virtual terhadap kemampuan spasial peserta didik pada pokok bahasan ruang dimensi tiga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan soal tes kepada peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Air Batu sebanyak 34 peserta. Soal tes yang diberikan kepada peserta didik sebanyak 5 soal uraian yang ditinjau dari kemampuan spasial. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli sebesar 85,7% dan berada pada kriteria sangat valid, dari 34 siswa yang menjawab soal, 31 siswa yang tuntas dalam pembelajara ndan 3 orang siswa masih di bawah KKM, hasil keefektifan pembelajaran matematika sebesar 82,8 dengan katagori efektif ditinjau dari kemampuan spasial siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Al-maroof, R. S. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption : the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic Fear from COVID-19 and technology adoption : the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1830121

Di, S., & Negeri, S. M. P. (2020). Meningkatkankan Kemampuan Spasial Matematika. 3(1), 117–122.

Dockendorff, M., & Solar, H. (2017). International Journal of Mathematical Education in ICT integration in mathematics initial teacher training and its impact on visualization : the case of GeoGebra impact on visualization : the case of GeoGebra. 5211(July). https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1341060

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. 4(1), 27– 33.

Pratama, H., Nor, M., Azman, A., Kassymova, G. K., & Shakizat, S. (2020). The Trend in Using Online Meeting Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19 : A Literature Review The Trend in Using Online Meeting

Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19 : A Literature Review. September. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i2.15

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21.

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–102. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp93-102

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 494–504.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.143

Syofran, A. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 84. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.893

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles