Penerapan Media Praktikum Ayunan Sederhana Berbasis Remot Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Swasta di Madiun

Authors

  • Siti Maimunah Universitas PGRI Madiun
  • Jeffry Handhika Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10996

Keywords:

Kata kunci, Kemampuan Berfikir Kreatif, Media Pembelajaran, Mikrokontroler

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan media pembelajaran praktikum ayunan sederhana yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan one grup pretest dan posttest dengan data pengamatan, dokumentasi dan tes ketrampilan berfikir kreatif sebagai data teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian diperoleh: (1) Media alat praktikum yang dimiliki SMK Swasta di Madiun masih berbentuk konvensional dan belum terintegrasi teknologi, (2) Hasil ulangan harian siswa yang diperoleh masih rendah dengan nilai rata – rata 44,1 dengan minimum nilai ketuntasan 75. Dilihat dari analisis kebutuhan yang diperoleh maka sangat direkomentasikan untuk mengembangkan media praktikum ayunan sederhana berbasis mikrokontroler

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edidas, A. a. (2018). Voterknika. Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Fault-Finding, vol.6, no.2.

Fitriani, N., Gunawan, & Satrio. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Undertanding Procedures (Cups) Bantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 24-33.

H. Farida & Y. A. Candra. (2016). Pengembangan odd " Osilator Digital Detector" Sebagai Alat Peraga Praktikum Gerak Harmonik Sederhana,". Jurnal Pendidikan Fisiska, vol 4, no. 1, pp. 1 - 4.

O. Putri., S. B. (2017). "Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-COS) Untuk Meingkatkan Ketrampilan Proses Sains,". Jurnal Inovasi PendidikanIPA, vol. 2, no 4, pp. 183-200.

S. A., &. Y. (2007). Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sujarwanta. (2018). Penerapan Dan Contoh Pemograman P Basic. Belajar Mikrokontroler BS2SX teori, yogyakarta: deepunlish

T. Marlene & D, B. (2002). "The New Science Literacy:. Using Laguage Skill To Help Students Learn Science, "Regents Of The University Of California, vol. 9, no. 5, pp 75-147.

Downloads

Published

2021-09-18

Issue

Section

Articles