Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas VIII SMP/MTS Semester II Terbitan Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Venny Aulia Putri Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Bengkulu
  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku teks Matematika kelas VIII SMP/MTs terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal uji kompetensi pada materi Lingkaran dari 39 jumlah soal terdiri dari soal yang memuat tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 4 soal (10,83%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 28 soal (69,58%), menganalisis (C4) sebanyak 7 soal (19,59%), serta tidak adanya soal yang memuat tingkat kognitif mengingat kembali (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan, pada materi Garis Singgung Lingkaran dari 29 jumlah soal terdiri dari soal yang memuat tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 2 soal (5%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 19 soal (65,85%), menganalisis (C4) sebanyak 8 soal (29,17%), serta tidak ditemukan soal yang memuat tingkat kognitif mengingat kembali (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Venny Aulia Putri, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika

Agus Susanta, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika

Teddy Alfra Siagian, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan oleh Agung Prihantoro, 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMatematika, 2(1), 72-78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483, diakses 18 Agustus 2020

Giani, Z., & Hiltrimartin, C. (2012). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 9(2), 1-20. https://media.neliti.com/media/publications/122550-ID-analisis-tingkatkognitif-soal-soal-buku.pdf, diakses 25 April 2020

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU. 5(2), 41-51. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/198

Purwanti, D.W., Budiyono, & Nugraheni, P. (2015). Tingkat Kognitif Revisi Taksonomi Bloom pada Soal-Soal dalam Buku Teks Matematika SMP. EKUIVALEN- Pendidikan Matematika, 13(1), 48-52. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1821

Rahayu, L.S., Susanta, A., & Yensy B, N.A. (2020). Analisis Soal pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Taksonomi Bloom. 4(1), 1-4.

Susanti, N.Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 6(1), 65-73. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509

Downloads

Published

2021-09-17

Issue

Section

Articles