ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021

Benny Antari, Agus Susanta, Teddy Alfra Siagian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas, tingkat kognitif dan kompetensi dasar sebaran soal penilaian akhir semester ganjil matematika kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Taksonomi Bloom Revisi terdapat 6 kategori level kognitif, yaitu mencakup level kognitif Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal matematika penilaian akhir semester ganjil kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian berdasarkan kualitas soal menunjukkan bahwa terdapat 21 soal (84%) yang valid dan 2 soal (8%) tidak valid. Reliabilitas diperoleh nilai yang cukup, yaitu 0,66. Tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk kategori sukar sebanyak 2 soal (8%), sedang 1 soal (4%) dan mudah 20 soal (80%). Daya pembeda diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 1 soal (4%), baik 7 soal (28%), cukup 6 soal (24%) dan buruk 9 soal (36%). Fungsi pengecoh diperoleh bahwa terdapat 52 buah (41,6%) pilihan jawaban soal yang berfungsi dan 73 buah (58,4%) pilihan jawaban soal tidak berfungsi. Kemudian, berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi soal memuat kategori level kognitif Mengingat (C1) sebanyak 1 soal (4%), Memahami (C2) 1 soal (4%) dan Mengaplikasikan (C3) 23 soal (92%). Selanjutnya, berdasarkan kompetensi dasar soal memuat KD 4.1 sebanyak 12 soal (48%), KD 3.2 9 soal (36%) dan KD 4.2 4 soal (16%).

Keywords


Kompetensi Dasar, Kualitas Soal, Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. JURNAL EDUKASI UNEJ, 2(1), 1–4.

Amiruddin, K., Mania, S., Ichiana, N. N., Majid, A. F., Tarbiyah, F., Islam, U., & Alauddin, N. (2020). Analysis of Final School Examination Questions for Mathematics Subjects. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 207–217.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Penerjemah: Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PGMI, 12(2), 146–171.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Kholifah, U. (2020). Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Bengkulu.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mushthofa, Z., Rusilowati, A., Sulhadi, Marwoto, P., & Mundiyarto, B. N. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 7(2), 446–452.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract has been read : 788 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats