Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Wajib Kelas XI Terbitan Intan Pariwara Materi Matriks Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Tri Mardianti Atikah Putri Universitas Bengkulu
  • Hanifah Hanifah Universitas Bengkulu
  • Nur Aliyyah Irsal Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara materi matriks berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kognitif yang terdiri dari enam tingkat kognitif yaitu, mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara. Soal pada bab matriks terdiri dari 99 soal dengan uji kompetensi tersebut terdiri atas tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 1 soal (1%), tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 6 soal (6,1%), tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 88 soal (88,9%), tingkat kognitif menganalisis (C4) sebanyak 4 soal (4%), serta tidak ditemukan soal dengan tingkat kognitf mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6)

Kata kunci: Soal Uji Kompetensi, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (2010th ed.). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyana, Y., Pudjiastti, A., Bestary, R., & Zamrony. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Badan Stadar Nasional Pendidikan.

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghala Indonesia

Maemunah, S., & Ramlah. (2019). Analisis Buku Teks Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Pythagoras ditinjau dari Taksonomi Bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903–922.

Rohmah, Z. F., Budiyono, & Purwaningsih, W. I. P. (2021). Analisis Soal-Soal Penilaian Harian dalam LKS Mata Pelajaran Matematika SMA Terbitan PT Penerbit Intan Pariwara Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. 6, 37–41.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. (Sutopo (ed.)). Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles