ANALISIS SOAL BUKU MANDIRI MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA SMP MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Authors

  • Meicindy Jeny Klorina Universitas Bengkulu
  • Ringki Agustinsa Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10356

Keywords:

Soal, Buku Mandiri Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi dalam buku mandiri matematika terbitan Erlangga SMP kelas IX materi transformasi Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi pada buku mandiri matematika Kelas  IX. Soal-soal pilihan ganda dan soal esai yang dianalisis berjumlah 124 soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 12 soal (9,68%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 109 soal (87,90%), menganalisis (C4) sebanyak 3 pertanyaan (2,42%) serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi(C5), dan mencipta(C6). Soal pilihan ganda dan esai pada materi transformasi ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi belum proposional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, Z (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maemunah, S., & Ramlah. (2019). Analisis buku teks siswa SMP kelas VIII pokok bahasan teorema pythagoras ditinjau dari taksonomi bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903–922.

http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Nursalam. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika. Makasar: Alaudin University Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawati,W.,Asmira,O.,Ariyana,Y.,Bestary W.,Pudjiastuti, A (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 65-73..

https:// doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. 04(02), 1259–1272.

Downloads

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles