Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi

Authors

  • Dwiky Sakti Darmawan Universitas PGRI Madiun
  • Quitita Oktavelia Anizhandi Nuresa Universitas PGRI Madiun
  • Dinadya Nurfahmi Khoirunisa Universitas PGRI Madiun
  • Ega Rahayu Widodo Universitas PGRI Madiun
  • Yuni Wulandari Universitas PGRI Madiun
  • Edy Suprapto Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10343

Keywords:

PBL, Matematika, Sekolah Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika bagi siswa di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi litelatur tentang penerapan pembelajaran PBL pada sekolah inklusi pada mata pelajaran matematika. Sumber penelitian adalah data-data yang dikumpulkan dari e-book, teks, artikel, dan sumber lain yang relevan dengan penelitian yang akan dibuat. Pengumpulan literatur dilakukan melalui proses identification, screening dan eligibility, menggunakan google scholar. Berdasarkan hasil penelusuran, disimpulkan bahwa PBL dapat menjadi alternatif model yang diterapkan bagi siswa di sekolah inklusi. Model ini dapat membantu siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian permasalahan dan juga menunjukkan hasil belajar matematika yang baik bagi anak normal maupun berkebutuhan khusus.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah, L. (2013). Permbelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Tunarungu Kelas IV. 4(1).

Anjarsari, A., Efendy, M., & Sulthoni. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1, 91–104.

Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatikan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. 5.

Bédard, D., Dalle, D., & Boutin, N. (2012). Problem-based and Project-based Learning in Engineering and Medicine : Determinants of Students ’ Engagement and Persistance. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning Volume, 6(2), 8–22.

Chin, C., & Chia, L. G. (2004). Problem-Based Learning: Using Students’ Questions to Drive Knowledge Construction. Science Education, 88(5), 707–727. https://doi.org/10.1002/sce.10144

Chu, H. C., Chen, T. Y., Lin, C. J., Liao, M. J., & Chen, Y. M. (2009). Development of an Adaptive Learning V|Case Recommendation Approach For Problem-Based E-learning on Mathematics Teaching for Students With Mild Disabilities. Expert Systems with Applications, 36, 5456–5468. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2008.06.140

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2003). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding KS Riset Dan PKM, 223–227.

Elisa, S., & Wrastari, A. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnak Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 2(01), 1–10.

Febriyanti, C., & Nugraha, M. L. (2017). Kesulitan Pembelajaran Matematika Sekolah Inklusi Untuk Anak ABK. Jurnal SAP, 2(2), 151–158.

Habibi, M., & Rijanto, T. (2020). Studi Literatur : Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 585–594.

Hartini, A., Widyaningtyas, D., & Mashluhah, M. (2017). Learning Strategies for Slow Learners Using The Project Based Learning Model in Primary School. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(70), 29–39.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Ijtimaiyah, 1(1).

Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., & Kinach, B. M. (2017). Problem-Based Learning In K-8 Mathematics And Science Education: A Literature Review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 5–17. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1674

Nugraha, V., & Sari, H. N. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Semantik, 8(1). https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Padilah, N., Alghadari, F., & Rosowulan, R. A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Problem-Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 96–102.

Palner, M. (2021). Problem Based Learning in The Online Classroom. Improving University Science Teaching and Learning, 16, 67–78.

Praptiningrum, N. (2010). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2).

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 237–242.

Ribeiro, L. R. C. (2011). The Pros and Cons of Problem-Based Learning from the Teacher ’ s Standpoint The Pros and Cons of Problem-Based Learning from the Teacher ’s Standpoint. Journal of University Teaching and Learning Practice, 8(1).

Roh, K. H. (2003). Problem-based Learning in Mathematics. (April).

Soemantri, S. (2019). PBL Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–12.

Sufirmansyah, & Prameswati, L. N. (2020). Implementasi Problem Based Learning dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Putera Asih Kediri. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 33–42.

Sujatmika, S., Wijayanti, A., Septiani, D., & Andini, W. (2020). Penerapan PBL di Kelas Inklusi Untuk Memfasilitasi Peserta Peserta Didik Beragam. Jurnal Pasopati, 2(4), 257–263.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631

Tarmizi, R. A., & Bayat, S. (2012). Collaborative Problem-Based Learning in Mathematics: A Cognitive Load Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2011), 344–350. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.051

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Jurnal Humanitas, 13(1), 50–61.

Ulfa, M. (2020). Problem Based Learning ( PBL ) Model dalam Melatih Sikap Mandiri Anak Luar Biasa. 9(2).

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles