Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran di MAN 1 Kota Palembang

Authors

  • Meli Astriani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Cecilia Indriani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Dilla Eka Septiani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Herman Seri Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10208

Keywords:

Supervisi, guru biologi, MAN 1 Palembang, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam proses pembelajaran daring. Pembelajaran di masa pandemi saat ini menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan sampel guru biologi kelas X, XI, dan XII. Teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara dan observasi yang dilakukan melalui kunjungan kelas virtual dan keterlaksanaan RPP daring. Hasil penelitian didapatkan bahwa RPP yang dibuat oleh guru telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan ada beberapa guru yang tidak mencantumkan atau tidak melampirkan soal serta pembahasannya. Sehingga mengurangi penilaian dalam pengukuran indikator. Hasil Analisis data menunjukkan kemampuan mengajar guru telah memenuhi predikat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati. (2003). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar. Pedagogy, 2(1), 44–53.

Darsono. (2016). Implementasi Pendekatan Direktif, Non Direktif dan Kolaboratif dalam Supervisi Pendidikan islam Studi Kasus di MAN Trenggalek. Jurnal Ta’alum. 4 (2), 335-358

Faizah, U. (2019). Evaluasi Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 44-54.

Gusnilawati, H., & Hadiyanto, H. (2021). Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 113-118.

Helmi, A. (2015). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Smp Negeri 2 Babahrot Aceh Barat Daya. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 1–12.

Ilham, M. W. (2017). Supervisi Pendidikan dalam Perspektif Epistemologi Islam. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29-46.

Nurjannah, N. (2017). Efektivitas bentuk penilaian formatif disesuaikan dengan media pembelajaran. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. 29(1), 75-90.

Perrotta, C., & Whitelock, D. (2017). Assessment for learning. Technology Enhanced Learning: Research Themes, 127–135.

Rachmawati, T. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Coopetition. 7 (1), 43-52.

Sihombing. (2014). Meningkatkan Kinerja Guru Biologi SMA Negeri Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia. 6 (2), 77-96.

Sunadi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Pedagogi. 13 (2), Hal 1-9.

Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. 3 (2), 192-206.

Warmansyah. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 4 (2), 176-185.

Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 73–87.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles