Profil Pemahaman Nature of Models (NoM) Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Cahyati Fitriyati Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman Nature of Models (NoM) mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dijabarkan berdasarkan indikator pemahaman Nature of Models (NoM). Berdasarkan hasil penelitian, al diperoleh rerata sebesar 56, dengan rincian 23% siswa dengan  kategori “baiâ€k, 54% siswa dengan kategori “cukupâ€,), dan 23 % siswa dengan kategori “kurangâ€.

Kata Kunci: pemahaman Nature of Models, IPA

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi & Abdul Jabar, Cepi Safrudin. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani D, Eva Kurniati dan Indra Sakti, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79-88.

Nurkholis, Afnan. 2019. Profil Pemahaman Nature Of Models (NoM) Siswa Peminatan MIPA SMA Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Skripsi. Semarang : Universitas PGRI Semarang.

Prasetyarini A, Siska Desy Fatmaryanti, R. Wakhid Akhdinirwanto. Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sujarwanto, E., & Hidayat, A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 65–78.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Articles