Tradisi Sebar Uang Koin (Nilai Budaya Masyarakat Desa Coper dan Potensinya sebagai Sumber Belajar IPS SD/MI)

Dini Yuliarsih, Muhammad Hanif, S Sudarmiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mendiskripsikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tradisi sebar uang koin di Desa Coper, Jetis, Ponorogo yang dapat dijadikan salah satu sumber pembelajaran IPS SD/MI. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah studi etnografik. Waktu penelitian bulan Maret sampai November 2021. Sumber data yang digunakan sumber primer dan  sumber sekunder. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian tradisi sebar uang koin yaitu sholawatan, srakalan, penyebaran uang koin, sambutan, doa selamatan, kenduri, penutup dan penekan jambe. Sedangkan Nilai budaya yang terkandung di dalamnya adalah religius, sosial, kerjasama, kekeluargaan, estetika dan gotong royong. Dalam hasil penelitian juga dijelaskan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai potensi sumber belajar IPS siswa kelas 5 SD/MI.

 


Keywords


Sebar uang koin; Nilai budaya; Sumber belajar IPS SD/MI

Full Text:

PDF

References


Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya dan Potensinya sebagai Sumber Pendidikan Kakarkter). Gulawentah, Jurnal Studi Sosial, Volume 1 Nomor 2, Halaman 132-141(http://e-journal .ikippgrimadiun.ac.id/index.php/gulawentah, diunduh 16 Januari 2022.

K, Aibak. (2010). Fenomena Tradisi Megengan di Tulungagung. Millah,Volume X Nomor 1. https://journal.uii.ac.id .Diunduh 20 Januari 2022.

Masykuriah Hanik. Ritual Ganti Langse di Palenggahan Agung Srigati Alas Ke Tonggo Ngawi: Studi Makna Simbolik dan Potensinya Sebagai Sumber Ketahanan Budaya. Jurnal Studi Sosial ISSN 2528-6293. Vol. 4 No. 2. Desember (2019), Hal. 67-73. http://e-journal.unipma.ac.id/index php/ gulowentah, diunduh 16 Januari 2022.

R. Rukun dan Hanif. 2021. Kesenian Gajah-gajahan di kaponan Mlarak Ponorogo (Studi Nilai Budaya dan Potensinya sebagai Sumber Pembelajaran IPS SD. Jurnal studi sosial (Online), Vol. 6, No. 2, Hal. 165-175. (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulowentah, Diunduh 16 Januari 2022).

Sunyoto, S. 2018. Tradisi Bersih Kali ( Studi Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SD). Jurnal studi sosial (Online), Vol. 3, No. 2, Hal. 79-89. (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulowentah, Diunduh 21 Agustus 2021).

Y. Yuliani. 2018. Kirab Pusaka Kumbul Di Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo (Studi Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar IPS SMP). Jurnal Studi Sosial (Online), Vol. 3, No. 2, hal. 90-99, (http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulowentah , Diunduh 24 Agustus 2021).

Buku:

Atmaja Bawa Nengah dan Mudana I Wayan. (2018). Bahan Ajar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial Berbasis Tri Hita Karana. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hutari, Fandy. (2019). Hiburan Masa Lalu dan Tradisi Lokal. Yogyakarta:Insists Press

Koentjaraningrat. (1983). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Jambatan.

Patton, Michael Quinn. (1987). Qualitative Education Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Rachmah,Huriah. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminta, J.S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Balai Pustaka.

Rachmah Huriah. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: CV Alfabeta.

Rahyono, F.X. (2015). Kearifan Budaya Dalam Kata(Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit Wedatama Widya Sastra.

Simanjutak, A.B. (2016). Tradisi, Agama dan Akseptasi Modernisasi pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Sudjana, Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Susanto Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto, T. (2011).Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uhi Alexander, J. (2016). Filsafat Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 496 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i1.12288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats