Implementasi model think pair share berbantuan media Kahoot It meningkatkan keaktifan berdisikusi mahasiswa

Yonarlianto Tembang, Ratna Purwanty, Agus Kichi Hermansyah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan berdiskusi mahasiswa dalam matakuliah perencanaan dan strategi pembelajaran pada semester 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian partisipasi penuh dan dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PGSD yang berjumlah 25 orang pada semester 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara untuk mengetahui tanggapan mahasiswa dalam proses pembelajaran.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi think pair share berbantuan media kahoot it meningkatkan keaktifan mahasiswa terlihat pada siklus I keaktifan berdiskusi mahasiswa sebesar 70,55 dan meningkatkan pada siklus II sebesar 92,21. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan media think pair share berbantuan media kahoot it dapat meningkatkan keaktifan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran.

Keywords


Think pair share; Media Kahoot it; Keaktifan berdiskusi mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amri Rosadi, Triyanto, D. R. A. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.I No.1 Januari 2017 148. (1), 148–161.

Arikunto, & Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bicen, H., & Kocakoyun, S. (2018). Perceptions of students for gamification approach: Kahoot as a case study. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2), 72–93. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7467

Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957

Henukh, A., & Guntara, Y. (2020). Analyzing the response of learners to use kahoot as gamification of learning physics. 6(1), 72–76.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning Mempraktikan cooperating Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Mulyadi, M., & Diana, E. (2019). Meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi melalui model pembelajaran reading, questioning and answering (RQA). Prosiding Biotik, 5(1). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/4318

Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101336

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Rosdiana, L. A. (2019). Students’ Responses Toward Kahoot Application in Indonesian Subject. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 1. https://doi.org/10.35194/alinea.v2i1.519

Sakti, B. P. (2019). Implementasi Pendidikan tentang Informasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 38–49. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1959

Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantu kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas xi smk pada materi persamaan lingkaran. Senatik, 441–446. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/92

Silberman, M. (2014). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Tembang, Y., Palobo, M., Hermansyah, A. K., & Prihandoko, L. A. (2019). Improving science learning outcomes in material changes in natural appearance. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012240

Tembang, Yonarlianto. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. 812–817.


Article Metrics

Abstract has been read : 825 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats