Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar

Karlimah Karlimah, Lutfi Nur, Hani Oktaviyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas I (satu) yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 10 butir soal dengan nilai validitas 0,77 dan reliabilitas 0,92 serta mempunyai tingkat daya pembeda 0,42 yang artinya berada dalam kategori nilai baik. Penelitian ini bertempat di SDN 1 Nagasari Kota Tasikmalaya, Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah pada siswa sekolah dasar di kelas satu masih belum optimal. Adanya temuan dari hasil penelitian tentang kesalahan siswa dalam penggunaan nilai tempat merupakan informasi penting bagi para guru, sehingga menjadi bahan evaluasi untuk proses pembelajaran.

Keywords


operasi hitung; bilangan cacah; siswa sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Ainurrohmah, N., dan Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 (10), hlm. 1706-1717.

Andhani, N., dan Nur’aeni, E.L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bol 6 (1), hlm. 1-8.

Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal e-DuMath, Vol 1 No 1 Hlm. 52-63.

Ashlock, R.B. (1972). Error Pattern in Computation: A Semi-Programmed Approach. Columbus, Ohio: Charles E. Nerrill Publishing Co.

Astuty, K.Y., dan Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan. Jurnal MATHEdunesa, Vol 2 (3), hlm. 1-7.

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dewi, S.R., & Hartanto (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan pada Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol 9 (1), hlm. 9-22.

Fitriana, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Melakukan Operasi Bilangan dengan Media Lingkungan Alam. Laporan Penelitian. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Imelda, M., Yusmin, E., dan Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3 (2), hlm. 1-13.

Nurhaeni, Pranata, O.H., dan Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bol 6 (1), hlm. 58-67.

Oktaviyani, H., dan Karlimah. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia..

Oktaviyani, H., dan Karlimah. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 (1), hlm. 203-210.

Putri, R.I.I. (2011). Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 (1), hlm. 73-79.

Siagian, MD. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Sciences, Vol 2 (1), hlm. 58-67.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pythagoras, Col 4 (2), hlm. 14-25.

Suryowati, E. (2016). Concept Image Siswa SD tentang Pecahan pada Garis Bilangan. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika IAIN Tulung Agung, ISBN 978-602-61302-0-4, hlm. 101-108.

Ugi, LE., Djadir., dan Darwis, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, Vol 4 (1), hlm. 34-50.

Wahyudi, W. (2009). Kesalahan Hitung Pengurangan Bilangan Cacah bagi Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Pedagogia, Vol. 12 (2).

Widyastuti, NS dan Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis. Jurnal Prima Edukasia, Vol 2 (2), hlm. 183-193.


Article Metrics

Abstract has been read : 18329 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats