Peningkatan Kemandirian Siswa Melalui Penggunaan Model Guided Inquiry Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi KPK dan FPB

Siti Aisiyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian siswa melalui penggunaan model guided inquiry learning dalam pembelajaran matematika materi KPK dan FPB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri Wonokasian 2. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan dimana penulis mendesain kegiatan pembelajaran dengan menyusun RPP dan Silabus materi KPK dan FPB dengan menyertakan metode guide inquiry sebagai metode pembelajaran. Penelitian dilaksankan pada siswa kelas IV SD Negeri Wonokasian 2. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebagaimana yang disusun pada tahap perencanaan. Pada Penelitian Tindakan Kelas penilaian atau observasi dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran. Dari hasil observasi akan didapat kekurangan dan kelebihan kegiatan pembelajaran pada tahap refleksi.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Bariyah, L. (2014). Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 453–460.

Hiebert, J., Morris, A. K., Berk, D., & Jansen, A. (2007). Preparing teachers to learn from teaching. Journal of Teacher Education, 58(1), 47–61. https://doi.org/10.1177/0022487106295726

Huang, Q., Zhang, X., Liu, Y., Yang, W., & Song, Z. (2017). The contribution of parent–child numeracy activities to young Chinese children’s mathematical ability. British Journal of Educational Psychology, 87(3), 328–344. https://doi.org/10.1111/bjep.12152

Maharani, S., & Andari, T. (2016). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear berbasis Discovery-Inquiry Guna meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2016, 151–158.

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika; Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras - Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555

Utami, A. D. (2016). Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis Kemampuan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 132–140.


Article Metrics

Abstract has been read : 534 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats