Pengaruh Forsway dalam Asynchronous Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Keaktifan dan Penguasaan Materi Siswa
Abstract
Pandemi covid19 membawa perubahan yang signifikan pada proses pembelajaran. pembelajaran diarahkan pada pembelajaran secara online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh forsway dalam asynchronous learning berbasis google classroom terhadap keaktifan dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental design dengan bentuk one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan di SMA Negeri 1 Purworejo, Responden sejumlah 33 siswa terdiri atas 12 siswa putra dan 21 siswa putri. hasil dari penelitian ini adalah forsway dalam asynchronous learning berbasis google classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa menjadi 95%, 2) penguasaan materi siswa setelah menggunakan forsway dalam asynchronous learning berbasis google classroom ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes penguasaan materi sebesar 82 dan rata-rata nilai penilaian harian sebesar 86. pelaksanaan forsway dalam asynchronous learning berbasis google classroom ini dibutuhkan persiapan guru dalam membuat form kehadiran dan tes penguasaan materi yang sudah menyediakan rekap realtime untuk memantau keaktifan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad Azhar. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasibuan MS, Simarmata Janner, Sudirman, Acai. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rusli M, Hermawan D, Supuwuningsih N.N. (2020). Memahami E-Learning: Konsep, Teknologi dan Arah Perkembangan. Yogyakarta: Andi Offset.
Smaldino SE, Lowther DL, Russell JD. (2014). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliana M, Simarmata J, Susanti S.S. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis
Zaenal, A. (2011). Buku Pintar Google. Jakarta: PT TransMedia
Article Metrics
Abstract has been read : 295 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8809
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats