Penerapan Media Sempoa untuk Meningkatkan Kedisiplinan, Ketelitian, dan Tanggung Jawab Mahasiswa Kelas Inovatif Matematika

Andri Anugrahana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Media Sempoa dalam pembelajaran matematika dan juga meningkatkan kedisiplinan, ketelitian dan tanggung jawab mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tidakan kelas dengan jumlah sampel 31 mahasiswa kelas Inovatif matematika di PGSD Universitas Sanata Dharma. Rancangan materi penelitian adalah penjumlahan dan juga pengurangan matematika dengan media sempoa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kedisiplinan, ketelitian dan juga tanggung jawab adalah dengan lembar observasi dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sempoa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatan kedisiplinan. Ketelitian, dan tanggung jawab mahasiswa PGSD kelas inovatif matematika sebesar 100%.


Keywords


Media Sempoa, Kedisiplinan, Ketelitian, Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh SSP tematik-integratif terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25

Ayi dan Safrina. 2015. Peningkatan Kemampuan Berhitumg anak usis 5 – 6 tahun melalui Media Sempoa di TK Al-Ikhlas Lamhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurmal Pendidikan Volume 2.

Anugrahana, A. (2019). Pengembangan modul sempoa sebagai alternative dalam mata kuliah inovatif matematika. Journal cendekia: jurnal pendidikan matematika, Vol. 03, No. 2, Agustus 2019, pp. 462-470.

Budiningsih, A. & M. Syamsul wardani. (2007). Mahir berhitung dengan metode sempoa. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia

Dayanti, Ria W. (2014) pengaruh komunikasi interpersonal, ketelitian (Concientiousness) dan kepuasan kerja terhadap kinerja kepala sekolah paud di medan. Jurnal pendidikan dan kepegawaian, 2(2) (2014).

Dick and Carey. 2013. The Systematic Design of Intruction.

Elly. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol.3 No.4., Oktober 2016

Endang dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk membantu siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal pendidikan

Fanrendra Padang. Volume 4 Halaman :140-151 Nomor 1 Maret 2015 E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu diunduh tanggal 21 Februari 2019

Nurhayati, N. (2015). Penggunaan Media Animasi Berbasis Visual Basic (Vba) Spreadsheet Excel Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Potensial Osilator Harmonik Sederhana. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 54-61.

Lomu, L., & Widodo, Sri A. (2018). Pengaru motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar nasional pendidikan matematika etnomatnesia.

Prasasty, Aliffia T. (2017). Pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, Vol. 1, No. 1, Februari 2017, hlm. 65-74.

Putri, Kartika A. (2020). Sistem perancangan aplikasi android beads card sempoa di TC.Genius kids sempoa SIP Tanjung Balai Karimun. Jurnal tikar, Vol. 1, No. 1 (2020).

Ronalis. 2015. Efektivitas Media Sempoa Untuk Meningkatkan Kemampuam Penjumalahan Bilangan Bulat 1-10 untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II C SLB Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anakn Prasekolah. Jakarta/; PT Gramedia Putaka Utama.

Rahayu, Ratri. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnalkonselinng GUSJIGANG, Vol. 2, No. 1 (2016).

Suyadi, H. S. H. (2012). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas Viif Smp Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 6(2).

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar proses pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Siagian, Muhammad D. (206) kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of mathematics education and science, Vol. 2, No. 1, Oktober 2016.

Sumarno, U. (2011). Pembelajaran matematika berbasis karakter. Prosiding seminar nasional pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 1 (2011).

Syifa, Faiza M. (2015). Penggunaan sempoa dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak. Jurnal mahasiswa, Vol. 4, No. 2 (2015).

UU sisdiknas no 20 tahun 2013, https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf di downloud tanggal 27 Februari 2020

Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Widya Warta, 2(34), 127-135.


Article Metrics

Abstract has been read : 127 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats