Penggunaan Strategi Mind Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Geci Oktari, Aan Putra, Rahmi Putri, Febria Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan strategi Mind Web dibandingkan dengan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 26 Kerinci. Kelas sampel adalah kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang berupa tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian yang telah disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep matematis. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji t menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunkan Mind Web lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

 

The purpose of this study was to determine the comparison of students' mathematical concepts understanding that taught by the Mind Web strategy and students' that taught by conventional learning. This research was experimental research. The population in this research was all of the eighth-grade students OF SMP Negeri 26 Kerinci. The samples were VIII A and VIII B as the experimental group and the control group. The data collected by tests of mathematical concepts understanding in essay form that has been adapted to the indicators of mathematical concepts understanding. The data of the final test were analyzed using the t-test. The result of the t-test shown that students’ mathematical concepts understanding that taught by Mind Web was better than students’ mathematical concepts understanding that taught by conventional learning.


Keywords


Mind Web; Mathematical Concepts Understanding

Full Text:

PDF

References


Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9-18.

Arnidha, Y. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53-61.

Iswadi, H. (2016). Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang Baru Dirilis. Universitas Surabaya.

Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Kilpatrick, J.,Swafford, J.& Findell B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Permendiknas (2006). No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37-41.

Purwanto, N. (2000). Prinsip-Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspendik. (2017). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Puspendik Kemdikbud. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Tjalla, A. (November 2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Disampaikan dalam Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, Tangerang Selatan.

Utami, D. S., Asnawati, R., & Gunowibowo, P. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 4(3).

Wartana, E. (2012). A New Way of Thinking Mind Web. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yozana, M. (2012). Menggunakan Mind Web untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39-44.

Zulkarnain, I., & Sari, N. A. (2016). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT, 2(2).


Article Metrics

Abstract has been read : 294 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats