Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017

Umi Nurhajati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan hasil belajar kelas VIII-H melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE).  Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk kemampuan pemahaman, ranah afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematika pada siklus I diperoleh presentase rata-rata siswa sebesar 64,06% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 76,35% dengan kriteria baik. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belajar. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu guru hendaknya memberi motivasi atau penghargaan berupa nilai terhadap tugas siswa, sehingga siswa termotivasi untuk belajar karena merasa dihargai. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat dijadikan alternatif untuk memvariasikan model pembelajaran. Untuk peneliti lain, yaitu hendaknya dapat meneliti aspek hasil belajar afektif dan psikomotorik yang lainnya.


Keywords


Student Facilitator and Explaining (SFAE); Kemampuan Pemahaman; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Materi Pelatihan Pembelajaran Kontekstual Guru Bidang Studi Matematika. Surabaya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hudoyo Herman. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di depan kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Kasihani K. E Suyanto. 2007. Pendekatan Metode Teknik Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Masitoh, Siti, dkk. 2011. Pembelajaran Aktif Inovatif dan Menyenangkan (PAIKEM). Universitas Negeri Surabaya: Surabaya

Matematika Kontektual. 2006. Buku Pegangan Guru Matematika Kontektual kelas IX. 2006 Jakarta: literatur Media Sukses

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Saiful Rahman, Yoto, Syarif S, Suparti. 2006. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC Surabaya

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Nusa Media: Bandung

Sujana. 2001. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung, Cemara


Article Metrics

Abstract has been read : 591 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats