Pengembangan Modul Biologi Molekuler Berbasis Learning Cycle 7E untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi

Anwari Adi Nugroho, Nur Rokhimah Hanik, Sri Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul biologi molekuler berdasarkan Learning Cycle 7E untuk siswa pendidikan biologi dan untuk mengetahui validitas dan kepraktisannya. Studi elaborasi menggunakan metode Borg & Gall yang dimodifikasi, yaitu pengumpulan informasi dan penelitian, perencanaan, pengembangan awal dari produk, pengujian lapangan awal, revisi produk utama, pengujian lapangan utama, revisi produk operasional. Subyek tahapan uji lapangan utama dalam penelitian ini adalah siswa Semester VII Biologi Pendidikan FKIP Univet Bantara Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul biologi molekuler berdasarkan Learning Cycle 7E valid dan praktis (feasible). Dalam uji kelayakan dilakukan validasi pakar termasuk validasi ahli material (skor 87.50%, kategori baik), validasi ahli bahasa / keterbacaan (skor 95,83%, kategori sangat baik), validasi modul ahli (skor 86, 25). %; kategori bagus). Hasil validasi praktisi (dosen) terhadap modul pembelajaran penilaian skor adalah 87,66% (praktisi 1) dan 88,33% (praktisi 2). Penilaian validasi dan praktisi ahli dari semua modul menyediakan kategori yang berkualitas dan praktis. Validasi modul untuk siswa diperoleh skor 84,25% dengan kualifikasi dan kategori praktis yang baik. Kepraktisan itu menunjukkan bahwa modul biologi molekuler yang berbasis pada Learning Cycle 7E layak untuk dilaksanakan.


Keywords


Biologi Molekuler; Siklus Belajar; Modul

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R dan Gall, M.D. (1983). Education Research. Fourth Edition. New York: Longman Inc.

Brown, P.L dan Abell, S.K. (2007). Examining The Learning Cycle Science and Children. Columbia: Science Education at the University of Missouri.

Cakir, M. (2008). Constructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy: A Literature Review. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 3, No. 4, 193-206.

Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. The Science Teacher : Research Library.

Hasret, N dan Yalcin, N. 2006. The Effectiveness of The Learning Cycle Model to Increase Students’ Achievement In The Physics Laboratory. Journal of Turkish Science Education. 3, Issue 2. Turkish: Turkish Science Education.

Hill, WF. (2012). Theories of Learning (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Jarvis, P., Holdford, J dan Griffin, C. (2003). The Theori and Practice of Learning. Francis: Taylor & Francis e-Library.

Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa.

Kenely, KR. (2013). The Effects Of The 5e Learning Cycle On Understanding High School Biology. Montana : Montana State University.

Krisdiana, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Matakuliah Statistika Dasar Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS). IKIP PGRI Madiun. Volume 4, Nomor 1. P-ISSN : 2337-9049; E-ISSN :2502-4671.

Lawson, AE. (2001). Using The Learning Cycle to Teach Biology Concepts and Reasoning Patterns. Journal of Biological Education. 35 (4).

McCombs, B. L., & Miller, L. (2007). Learner-centered classroom practices and assessments: Maximizing student motivation, learning, and achievement. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Millah, E.S., Budipramana, L.S., dan Isnawati. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu. 1 (1): 19-24

Mundilarto. (2005). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sains. PPM Terpadu SMPN 2 Mlati. Yogyakarta: 20 Agustus 2005

Mustami, M.K. (2009). Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan. Volume 12, Nomor 2.

Nugroho, AA., Sajidan, dan Masykuri. (2014). Active Learning in Higher Education (Alihe) pada Pembelajaran Biokimia Melalui Model Problem Based Cycle-Learning (PBC-L). Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. FMIPA Universitas Negeri Malang. ISBN: 978-602-72185-0-5.

Opas, N.K., Suksringarm, P., Singseewo, A. (2009). Effect of Environmental Education Learning by Using the 7Es-Learning Cycle with Multiple Intellegences and The Teacher’s Handbook Approaches on Learning Achievement, Critical Thingking and Integrated Science Process Skills of High School (Grade 10) Students. Pakistan Journal of Social Sciences 6 (5) : 292-296, 2009. ISSN: 1683-8831.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.

Permenristekdikti nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Polyiem, T., Nuangchalerm, P., Wongchantra, P. (2011). Learning Achievement, Science Process Skills, and Moral Reasoning of Ninth Grade Students Learned by 7e Learning Cycle and Socioscientific Issue-based Learning. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(10): 257-564, 2011. ISSN 1991-8178.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riyanto. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Pada Pembelajaran Genetika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Islam Batu. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS). IKIP PGRI Madiun. Vol 3, No 2. P-ISSN: 2337-9049; E-ISSN :2502-4671.

Rustaman, NY. (2005). Stategi belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Pendidikan


Article Metrics

Abstract has been read : 645 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats