Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Fentiriani Fauzi, Hari Sumardi, Hanifah Hanifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada Bab Garis dan Sudut dan Bab Segi Empat dan Segitiga pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II terbitan Putra Nugraha berdasarkan  Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pada Bab Garis dan Sudut dan Bab Segi Empat dan Segitiga pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II terbitan Putra Nugraha. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Soal-soal yang dianalisis berjumlah 96 soal. Pada Bab Garis dan Sudut dengan 47 soal terklasifikasi C1 sebanyak 4 soal (8,5%), C2 sebanyak 22 soal (46,8%), C3 sebanyak 21 soal (44,7%) , sedangkan untuk C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta) tidak ada. Pada Bab Segi Empat dan Segitiga terklasifikasi C1 sebanyak 6 soal (12,2%), C2 sebanyak 4 soal (8,2%), C3 sebanyak 39 soal (79,6%), dan C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta) tidak ada.

Keywords


Modul Pengayaan; Matematika;Taksonomi Bloom Revisi; Tingkat Kognitif

Full Text:

PDF

References


Alfarisi, R. S. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. Jurnal Kredo. 3(1), 102-115.

Ambar, A & Nailatul, U. (2018). Hubungan Kemampuan Logika Matematika dengan Motivasi Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2 (2): 82-91.

Anderson, L. W dan Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (Terjemahan oleh Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1),72–78.

Efriyanti, A. (2020). Analisis Soal Latihan Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Teori Taksonomi Bloom Revisi. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ihtifazhuddan R., Sunarsih S. S., & Sutrisno. (2018). Desain Modul Pengayaan pada Mata Pelajaran Konstruksi Beton Bertulang Sesuai dengan Sni Beton untuk Meningkatkan Keaktifan dan Nilai Tiga Ranah Belajar Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta dengan Model Inquiry Learning. IJCEE, 4(1), 57-66.

Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman, A. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson Di SMP Kota Kendari. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(2), 179–190.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.

Misbahuddin & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prasetya, I. Y. (2017). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Kelas VII Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Setiyadi M. W., Ismail, & Gani H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 102-112.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyaharti, M., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis buku siswa matematika Kurikulum 2013 untuk Kelas X berdasarkan rumusan Kurikulum 2013. Kadikma, 6 (2), 173–184.


Article Metrics

Abstract has been read : 1287 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats