Penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa SD

Main Article Content

S Suprapto
V. Teguh Suharto
Lulus Irawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Penggunaan  Pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V SDN 2 Ngrayun Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas V. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Dokumen penelitian ini adalah RPP, silabus, daftar nilai.  Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil belajar menulis pantun yang diperoleh siswa, dapat diketahui bahwa rata-rata skor pada tindakan sebelum siklus  adalah 65,1 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 35% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,3 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 60%. Pada siklus II rata-rata skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi menjadi 86,35 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan  bahwa penggunaan pendekatan  CTL berbantuan kartu kata efektif  diterapkan dalam pembelajaran menulis pantun karena terbukti mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDN 2 Ngrayun Ponorogo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Lulus Irawati, Universitas PGRI Madiun

Lulus Irawati is a lecturer in English Language Teaching Department in IKIP PGRI Madiun. She is interested in Applied Linguistics, Language Teaching media, and TEFL. She earned her master degree of English Language Teaching in Sebelas Maret University and she, then, earned her Doctorate Degree of English Language Teaching in State University of Malang. E-mail: lulusirawati@gmail.com, Mobile phone: 081335560720.

References

A.M, Sardiman. 2014. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Abidin. Z.(2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 2 No.2. http://repository.upi.edu/Bibliography.pdf, diunduh 27 Agustus 2019.

AriefKurniatama,(2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun

Arikunto, Suharsimi. (2013). PenelitianTindakan. Yogyakarta: Aditya Media

Arikunto, Suharsimi. (2015). PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran.Jakartta: RajaGrafindo Persada

Asih Subekti.(2015).Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Nglarang Sleman.Skripsi tidakditerbitkan. Yogyakarta..UNY.

Burhan Nurgiantoro. (2013). PenilaianPembelajan Bahasa BerbasisKompetensi. Yogyakarta: BPFE

Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses belajarMengajar. Jakarta: BumiAksara

Hasibuan, I.(2014). Model Pembelajaran CTL ( ContekstualTeaching and Learning) .JurnalLogaritma, Vol. II, No.01. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id, diunduh 26 September 2019

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom (2013). PembelajaranKonstektual.Bandung :RefikaAdiatama

Kosasih, E.(2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imasdan Berlin Sani. (2014). ImplementasiKurikulum 2013 KonsepdanPenerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kusumawati, Lilis Diah.(2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun melalui Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Kartu Kata pada Siswa Kelas IV-B SD Labschool Unnes. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang..

MariyaUlfa.(2015).MeningkatkanKeterampilanMenulisPantunSiswa Kelas IV SDN LeminggirMojosariMojokerto. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 03 Nomor 02 . https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id,diunduh 27 Agustus 2019.

Mustaqimdan Abdul Wahab. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta

Nurhaedah . (2012). PendekatanKontekstualDalamPembelajaran Guru-guru di SDN InpresBonto .JurnalPublikasi Pendidikan, Vol. II No . 2. http//www.journal pendas.ac.id.diunduh 29 juli 2019

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Rizal, Y. 2010. Apresiasi Puisi & Sastra Indonesia. Jakarta: Grafika Mulia.

Rosmayanti,E.(2010). Pengaruh Lagu Anak Anak Terhadap Kreativitas Menulis Puisi Siswa sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rusman.(2014).Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, Joko. (2013). PantunPuisi Lama MelayudanPeribahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Soetarno. (2008). Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta : PT Widya Duta Grafika.

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Sudin,dkk.(2016).Teori, Penelitian, danPengembangan.Jurnal Pendidikan. Volume 1 Nomor 5.http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article. Diunduh 28 Agustus 2019.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, E. (2012). Pantun dan Puisi Lama Melayu. Yogyakarta: Kithah Publishing.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyadi. (2016). Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika. Vol 2, No 01.https://jurnal.stie-aas.ac.id, diunduh 26 September 2019.

SutanTakdirAlisjahbana. (2010). Puisi Lama. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

SutiknoSobry. (2013). BelajardanPembelajaran. Lombok: Holistica.

Wardhani, IGAK danKuswayaWihardit. (2009). PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widya R. D, Wendi. (2009). Serba-SerbiPantun. Klaten: IntanPariwara.

Wijayanti, T., &Sugiman, S. (2013). Keefektifan pendekatan CTL dan Problem Solving Ditinjau Dari Prestasi: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol . 8 No.2, http://journal.uny.ac.id/index.php, diunduh 2 Agustus 2019.

Zulaiha, S.(2018). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan ImplementasinyaDalamRencanaPembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, no 01. http//journal. pai.stain.ac.id,diunduh 9 Juli 2019.