Bahasa tulis pada anak dengan gangguan disleksia (kajian psikolinguistik)

Sulistiyaning Putri Utami, Lulus Irawati

Abstract


Disleksia adalah salah satu jenis gangguan berbahsa yang dapat menjadi hambatan bagi perkembangan bahasa anak. Disleksia berdampak pada fungsi neurologi otak yang berfungsi untuk pemrosesan bahasa. disleksia juga berdampak pada kemampuan menulis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk-bentuk bahasa tulis pada anak dengan disleksia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah MNJ, dia adalah siswa kelas dua sekolah dasar. Sumber data dari penelitian ini berasal dari dokumentasi bentuk bahasa tulis dan bahasa lisan dari subjek penelitian. Teknik pengambilan data penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan  reduksi data, sajian data, simpulan dan verifikasi data.hasil temuan dari penelitian ini adalah disleksia menyebabkan beberapa gangguan pada bentuk bahasa tulis anak. Gangguan tersebut antara lain adalah kesalahan menuliskan huruf dalam posisi terbalik, penghilangan huruf, penambahan huruf dan penggantian huruf yang tidak sesuai. Huruf yang ditulis terbalik oleh MNJ berbeda dengan anak disleksia yang lain. Huruf yang sering ditulis secara terbalik adalah b, d, k, e, a, r, h, s, p and t. Meskipun dia memiliki kekurangan dalam kemampuan menulis tetapi MNJ unggul dalam hal menyimak.


Keywords


bahasa tulis; disleksia

Full Text:

PDF

References


Alex & Achmad, H.P. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munawaroh, M & Anggrayni, N.T. (2008). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini. (Online).

(http://repository.upy.ac.id/409/1/artikel%20madinatul.pdf diunduh 3 Oktober 2016).

Olagboyega, K. (2008). The Effects of Dyslexia on Language Acquisition and Development. Vol 29. No 10. Halaman 29.

Orton. (2014). IDA Dyslexia handbook What Evry Family Should Know, Baltimore: International Dyslexia Association.

Subyantoro. (2013). Gangguan Berbahasa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Article Metrics

Abstract has been read : 7385 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v1i1.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats