Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa

Main Article Content

Anik Kusrianti
V. Teguh Suharto

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dengan multimedia dalam pembelajaran menulis puisi dan untuk menjelaskanhasil belajar menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkurmenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Pangkur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. aktifitas kegiatan siswa dari siklus I dengan persentase 71,88% ke siklus II dengan persentase 87,50% dan apresiasi menulis puisi siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 71,17% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,75%. Kedua dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan hasil belajar berikut ini (1) prestasi belajar siswa tuntas 87,50% (2) 87,50% siswa mampu menghasilkan puisi dengan kualifikasi baik, (3) 85,25% siswa memiliki tingkat keaktifan belajar baik, (4) 83,75% siswa memiliki apresiasi menulis puisi baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkur Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ivers, Karen S. & Barron, Ann E. (2010). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, And Assessing. ABC-CLIO, LLC: California.

Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, dkk. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama.

Sabrina, R. M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2 September 2017; seri C 272-280, diunduh 16 Juli 2018.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H. B. & Mohamad, N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waluyo, H. J. (1995). Teori dan apresiasi Puisi. Jakarta: Penerbit Erlangga.