Aspek Pendidikan Karakter dalam Sinetron “Dunia Terbalik” dan Sumbangannya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah

Main Article Content

Filantropi Nola Rizki
Lulus Irawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi aspek pendidikan karakter dalam sinetron Dunia Terbalik, (2) sumbangannya sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa sinetron Dunia Terbalik, dengan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau content analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) aspek pendidikan karakter dari sinetron Dunia Terbalik meliputi: religius, kejujuran, kesabaran, kerja keras, cinta tanah air, kekeluargaan, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) hasil aspek pendidikan karakter disumbangkan kepadaguru sebagai materi pembelajaran sasta Indonesia di sekolah dan dapat diterapkan dari tingkat jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan materi pembelajaran sastra Indonesia berdasarkan aspek pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jayanto, N. (2014). Pengaruh Sinetron Tukang Bubur Naik Haji terhadap Pendidikan Akhlak Remaja (Studi Kasus di Dukuh Pengkol Kaligawe Pedan Klaten, Jurnal Harmoni Sosial, 1 (1).

Mutholangah, S. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Animasi Adit dan Sopo Jarwo, Akademika Jurnal Kebudayaan, 1 (1).

Mulyasa, E. (2014). Manejemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rochmawati, W. P. (2016). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker†(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti, M. N. (2013). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Rumah Tanpa Jendela Karya Aditya Gumay dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak Usia MI, (Online), (file:///D:/JURNAL/BAB%20I%252C%20IV%252C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diunduh 10 September 2017).