Pengembangan Media Pembelajaran Teks Hikayat Berbasis Ispring untuk Siswa Kelas X SMA

Main Article Content

Arief Setyawan
Albitar Septian Syarifudin
Rafiqi A’azzul Akrom

Abstract

Perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi semakin mempengaruhi perilaku manusia, mulai dari cara bersosialisasi, berkreasi, sampai dengan cara mengedukasi atau mengajar peserta didiknya di dalam kelas. Sementara itu, hal tersebut kontradiksi dengan realita bahwa masih banyak tenaga pendidik yang kesulitan beradaptasi dengan teknologi, sehingga menjadikan pembelajaran kurang dapat mengkonkretkan materi dan memberikan pengalaman bermakna bagi perserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu menghasilkan aplikasi “CERMAD†untuk media pembelajaran teks hikayat sebagai salah satu bentuk cerita rakyat dengan kearifan lokal Madura berbasis aplikasi Ispring untuk siswa kelas X SMA agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran dan kebermaknaan pengalaman belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode 4D (penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan). Hasil dari penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu penyajian isi, kebahasaan, dan desain media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif tersebut layak untuk digunakan. Penilaian dari ahli pembelajaran bahasa dan sastra mendapatkan persentase 94% dan penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 88%. Berdasarkan paparan hasil penilaian tersebut, media CERMAD ini “valid†atau “layak diimplementasikan†sebagai media pembelajaran teks hikayat di kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afandi, Ahmad. 2017. “Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter.†Jurnal Terapan Abdimas 2: 19–26. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/972.

Aksarasoft. 2021. “Aplikasi Pembuatan E-Learning Yang Canggih.†Aksarasoft. https://ispringindonesia.com/ (December 5, 2021).

Chotib, Sjahidul Haq. 2018. “Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran.†Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 109–15. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/351.

Kurnia, Nia, Deni Darmawan, and Maskur Maskur. 2018. “Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.†Teknologi Pembelajaran 3(1): 451–61. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/viewFile/158/175.

Maryana, Suaedi, and Nurdin. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan ISpring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras.†Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2): 53–61. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455.

Microsoft. 2021. “Memuat Atau Memuat Templat Atau Program Add-In.†Microsoft. https://support.microsoft.com/id-id/office/memuat-atau-memuat-templat-atau-program-add-in-2479fe53-f849-4394-88bb-2a6e2a39479d (December 5, 2021).

Sadiman, Arief S. 2009. “Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya.â€

Septiana, Ika, and Ahmad Rifai. 2020. “Aspek Kebahasaan Media Digital Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.†International Proceeding of Innovative and Transdisciplinary Studies (IPISTRANS) (Seminar Nasional Terintegrasi: Literasi Psikososiopedagogi (Sabtu, 8 Agustus 2020)): 53–62. https://osf.io/x63qg/download.

Sriwiyana, Hadi, and Sa’dun Akbar. 2010. “Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).â€

Suparman, Ira Wulandari, Marlina Eliyanti, and Eli Hermawati. 2020. “Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar.†Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7(1): 57–64. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2860.

Suwandi, Tri. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Teks Fabel Kelas VII SMP Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan Berbasis Ispring.†Jurnal Ilmiah NOSI 7(1): 40–49. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/2249.

Thiagarajan, Sivasailam. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.â€