Tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring di prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalaam penelitian adalah tuturan guru dalam pembelajaran daring di program studi pendidikan Bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah tuturan guru yang mengandung tindak tutur direktif yang  berupa kata-kata yang dituturkan secara langsung oleh pengajar saat proses pembelajaran. Pada peneitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap dan teknik catat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima jenis tindak tutur direktif dalam pembelajaran yakni memesan (ordering), memerintah (commanding), memohon (requesting), menasihati (advising), dan merekomendasi (recommending).
Downloads
Article Details
References
Alfiansyah, M. A., & Wahya, A. S. (2021). Analisis Kesopanan Tindak Tutur Direktif dalam Pembelajaran Daring Kajian Pragmatik. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 53-68. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/download/3412/1879
Arani, S. S. (2012). A study of directive speech acts used by Iranian nursery school children: The impact of context on children’s linguistic choices. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 1(5), 163-175. http://www.journals.aiac.org.au/index.php/ijalel/article/view/773
Austin, J. L. (1975). How to do things with words. Oxford university press.
Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatic. Universitas Indonesia.
Mahsun, M. (2005). Metode Penelitian Linguistik. Rajawali Press.
Mustofa, F. I. (2021). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Metri Teks Cerpen Kelas IX SMP Al Falah Surabaya: Tinjauan Pragmatik. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 199-210. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1667
Musyafir, U. S. (2015). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Kumpulan Cerpen “Bibir†Karya Bakdi Soemanto. Kreatif, 18(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/4324
Nababan, P. (1984). Sosiolinguistik. Gramedia.
Nurhamida, N., & Tressyalina, T. (2019). Strategi Bertutur Dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia Pada Kegiatan Diskusi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(4), 21-29. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/106907
Prasetyo, R. I. (2018). Tindak Tutur Direktif Pendidik Dalam Mengelola Interaksi Belajar-Mengajar Di Sma Negeri 1 Wirosari Grobogan: Kajian Analisis Wacana Kelas. Universitas Negeri Semarang].
Qomariyah, L. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-18. https://www.journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/32
Qomariyah, L., & Hasanah, M. (2019). AL-AF’ÂL AL-TAWJÎHIYAH LADÂ AL-MU’ALLIMÎN FÎ AL-TAFÂ’UL AL-SHAFFÎ ATSNÂ TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH ‘ALÂ DHAU NAZHARIYAH SINCLAIR WA COULTHARD. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(1), 159-184. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/10711
Ratnawati, I. I. (2018). Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Advent Balikpapan. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1). https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/499
Rust, J. (2005). John Searle and the construction of social reality. A&C Black.
Searle, J. R., & Searle, J. R. (1969). Speech acts: An essay in the philosophy of language (Vol. 626). Cambridge university press.
Sebtiana, Y., & Rahmawati, L. E. (2019). Tuturan Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Interaksi Pembelajaran Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Jumapolo Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71184
Suaedi, H. (2018). Analisis Percakapan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1109
Ulam, A., Emzir, E., & Nuruddin, N. (2018). Analisis Linguistik Prinsip Kerjasama dalam Tuturan Cerita Humor Nawadir Juha Li al-Athfal. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(2), 157-166. https://www.journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/84
Wagner, L. C. (2004). Positive-and Negative-Politeness Strategies: Apologizing in the. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=10.1.1.604.3117
Yule, G. (2004). Pragmatik. Pustaka Pelajar.