PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DAN PERILAKU KONSUMSI SISWA

Authors

  • Yahya Reka Wirawan IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.617

Keywords:

Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pretasi Belajar Ekonomi, Perilaku Konsumsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang
tua terhadap prestasi belajar ekonomi dan perilaku konsumsi siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa jurusan IPS di SMA Negeri Kota Jombang Tahun Ajaran 2013/2014
sebanyak 155 orang dengan teknik propotional random sampling. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu data angket dan dokumentasi. Sedangkan metode
analisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap
perilaku konsumsi siswa. Begitu juga dengan prestasi belajar ekonomi berpengaruh
signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-01-01

Issue

Section

Articles