PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KOSGORO 3 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sari Agustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada pengaruh
kemandirian belajar dengan prestasi belajar kelas KKPI siswa XI signifikan pengaruh siswa
dari jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen tahun 2013/2014
sekolah. (2) menentukan apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas di sekolah belajar
prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan SMK Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. (3) menentukan apakah ada pengaruh yang
signifikan antara independensi fasilitas belajar siswa dan sekolah bersama-sama terhadap
prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI jurusan tahun akademik Kantor Administrasi SMK Kosgoro 3
Kedawung Sragen 80 siswa dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah proporsional teknik random sampling dengan cara undian. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada belajar mandiri pengaruh yang signifikan
siswa prestasi pada mata pelatihan KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran
SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan dengan harga
rhitung> rtabel atau 0,522> 0,312 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yang
signifikan prestasi belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan KKPI
siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung
Sragen. Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau 0,485> 0,312 pada tingkat
signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh kemandirian signifikan fasilitas belajar siswa dan sekolah
bersama-sama terhadap prestasi di mata pelatihan siswa KKPI kelas XI jurusan Administrasi
Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan
dengan Fhitung> Ftabel atau 13,939> 3,26 pada tingkat signifikansi 5%.


Keywords


Kemandirian Belajar Mahasiswa; Fasilitas Belajar di Sekolah; Prestasi Belajar (KKPI)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 707 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats