Pelaksanaan program keluarga harapan (PKH) dalam mengatasi dampak kemiskinan di Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan

Maretha Berlianantiya, Margi Hastuti, Sudarmiani -

Abstract


Kemiskinan merupakan masalah utama dalam setiap negara. Kemiskinan disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah sempitnya lapangan pekerjaan,rendahnya SDM dan mininya modal untuk membuka usah sehingga mengakibatkan banyaknya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan sehingga warga mengalami ketidakmampuan dalam mengatasi kebutuhan hidup yang setiap hari harus terpenuhi. Pemerintah membuat Program Keluarga Harapan untuk memutus mata rantai Kemiskinan. Dengan PKH akan memberikan Fasilitas Pendidikan, Sosial dan Kesehatan guna untuk mengatasi memutus mata rantai kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program keluarga harapan dalam mengatasi dampak kemiskinan di Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Sumber data yaitu data primer dan data sekuder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan informan yaitu 15 dengan teknik sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskipstif, menggunakan reduksi data, menyajikan data, serta penyimpulan dalam analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi desa purwodadi masyarakatnya bekerja di sektor pertanian, kondisi warga dalam kaegori miskin memiliki kondisi rumah yang tidak layak dan tidak memiliki pekerjaan yang tetap,   program PKH dapat memutus mata rantai kemiskinan, PKH memberikan Fasilitas Kesehatan, Pendidikan serta sosial secara gratis. Dengan PKH penerima manfaat dapat meringankan beban perekonomianya. 


Keywords


Kemiskinan; Program Keluarga Harapan; Dampak PKH

Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2010). Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa Dan Bagaimana. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1–11.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Dheby, C., Adys, A. K., & Idris, M. (2017). Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(2), 161.

Diyah Tri Rezki Setyawardani, Cornelius J. Paat, L. L. (2020). Dampak Bantuan Pkh Terhadap Masyarakat Miskin Di Kelurahan Bumi Nyiur Kecamatan Wanea Kota Manado. Jurnal Holistik, Vol. 13 No(Issn: 1979-0481), 1–14.

Fithri, N., & Kaluge, D. (2017). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(2), 129.

Harlik, Amir, H. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Dan Pengangguran Di Kota Jambi Harlik, Amri Amir, Hardiani Program Magister Ilmu Ekonomi Fak. Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 1(2), 109–120.

Harlik, Amir, H. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Dan Pengangguran Di Kota Jambi Harlik, Amri Amir, Hardiani Program Magister Ilmu Ekonomi Fak. Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 1(2), 109–120.

Herdiansyah, H. (2019). Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Dara Kualitatif. Raja Grafindo Persada

Hikmat, Harry. (2006). Pedoman Umum Program Keluarga Harapan. Jakarta:Kementerian Sosial Ri

Itang. (2015). Faktor Faktor Penyebab Kemiskinan. Tazkiya, 16(01), 1–30.

Kementerian Sosial. (2021). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021. In Kementerian Sosial Republik Indonesia (P. 76)

Kholif, K. I. (2014). Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 709–714.

Larasati, D. C. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan ( Pkh ) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kelurahan Sisir. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 40–48.

Meleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung:Pt Remaja Rosda Karya.

Maipita, I. (2013). Memahami Dan Mengukur Kemiskinan. Absolute Media.

Nurhadi. (2007). Mengembangan Jaminan Sosial Mengetaskan Kemiskinan. Yogyakarta:Media Wacana

Pertiwi, I. P., Fedinandus, F., & Limantara, A. D. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Program Keluarga Harapan (Pkh) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Cahayatech, 8(2), 182.

Rahayu, Sri Lesatari. (2012). Bantuan Sosial. Di Indonesia. Bandung:Fokusmedia.

Rahmawati, E., & Kisworo, B. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Keluarga Harapan. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 1(2), 161–169.

Rah Adi Fahmi Ginanjar, Sugeng Setyadi, U. S. (2018). Analisis Strategi Penanggulangan Kemiskinan Di Provinsi Banten. 8(2), 227–248.


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.20704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats