Analisis sifat konsumtif dan sosial ekonomi pada masyarakat desa Sambirejo terhadap kestabilan ekonomi rumah tangga

Siti Munawaroh, Iftitah Firmania

Abstract


Kebutuhan masyarakat yang bervariasi menentukan bagaimana mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal ini juga berlangsung pada masyarakat desa Sambirejo Kecamatan Megaluh kabupaten Jombang. Sumber pendapatan utama masyarakat desa Sambirejo yaitu dari pengelolahan sawah yang tentunya dalam penghasilan belum pasti yang diperoleh dalam setiap panenya, karena dalam pengelolaan pertanian banyak factor untuk memperoleh hasil yang maksimal, hal ini memberikan keberagaman dalam memenuhi kebutuhan perekonomian pada masyarakat desa Sambirejo. Dengan pendapatan yang relatif belum pasti tentunya pengelolaan keuangan rumah tangga yang menjadi dasar untuk berlangsungnya perekonomian dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, fenomena gaya hidup konsumtif (berlebih-lebihan) pada masyarakat Sambirejo marak terjadi, hal ini berlangsung karena tuntutan lingkungan sosial yang berlangsung di desa tersebut. penghargaan atas kepemilikaan dari barang-barang mewah memberikan penghargaan jika seseorang mampu membeli barang mewah, maka dikatakan seseorang tersebut secara sosial ekonomi menjadi orang mampu secara keungan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu menganalisis sifat konsumtif dan social ekonomi pada masyarakat desa Sambirejo terhadap kestabilan ekonomi rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang terdiri dari metode observasi, wawancara dan pengumpulan data dokumen. Hasil penelitian yaitu semakin meningkatknya konsumtif yang terjadi pada masyarakat desa Sambirejo tidak seimbang dengan pendapatan yang diperoleh sehingga dalam memenuhi kebutuhan mengalami ketimpangan dengan pendapatan, dan gaya konsumtif masyarakat Sambirejo tersebut sangat mempengaruhi stabilan ekonomi rumah tangga.


Keywords


Sifat Konsumtif; Sosial Ekonomi; Kestabilan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Alamanda, Y. (2018). Pengaruh harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273-279.

Anggraini, L., & Daliman, S. U. (2023). Hubungan Konformitas Pergaulan Remaja dan Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anwar, A. F., Parakkasi, I., & Rusydi, B. U. (2018). Tinjauan sosiologi ekonomi terhadap perilaku konsumsi masyarakat Kota Makassar pada pasar virtual. AL-FALAH: Journal of Islamic Economics, 3(1), 93-110.

Dwi Yuliani, C. (2019). Analisis Dampak Tingkat Pendapatan Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Kesejahteraan Keluarga Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Adiluwih, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kurniawan, R., & Siata, R. (2014). Dampak Perubahan Sosial Ekonomi terhadap Pemenuhan Pangan Rumaha Tangga di Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 17(1).

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Motik, G. A., & Lestari, R. (2021). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ningsih, E. R. (2010). Perilaku Konsumen (Pengembangan Konsep dan Praktik Dalam Pemasaran).

Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 92-100.

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684-697.

Purba, J. H. V., & Sipayung, T. (2018). Perkebunan kelapa sawit Indonesia dalam perspektif pembangunan berkelanjutan. Masyarakat Indonesia, 43(1).

Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39-50.

Ratna, I., & Nasrah, H. (2015). Pengaruh tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan terhadap perilaku konsumtif wanita karir di lingkungan pemerintah provinsi Riau. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 14(2), 199-224.

Rosad, S. D. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5 (3), 248–253.

Setiawati, N. (2009). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Konsumtif dalam Hal Fashion di Kalangan Mahasiswa D III FISIP UNS Jurusan MA Angkatan 2005 dan 2006).


Article Metrics

Abstract has been read : 5 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i2.20499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats