PENGARUH KONSENTRASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN MANISREJO I KABUPATEN MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272Abstract
The goal of research to determin the relationship among concentration and critical thinking with learning achievement of grade V for the student SDN Manisrejo 1 Magetan. This research applies descriptive correlasional and expost facto method with quantitative approach. The population of this research consist of 33 student. The result of the analysis show that: (1) there is significant relationship between the concentration with learning achievement by t (2,564), (p) 0,016; (2) there is significant relationship between the critical thinking with learning achievement by t (2,063), (p) 0,048; and (3) there is significant relationship between the concentration and critical thinking with learning achievement by F (10,802), (p) = 0,000.
Key words: Concentration, Critical Thinking, Learning Achievement
Downloads
References
Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R (Eds). 2001. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asmani, J. M. 2013. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press.
Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), (Online), (http://www.jurnal.upi.edu, diakses 20 Februari 2013).
Kartiko, D. M. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Konsentrasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang, (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id, diakses 5 Mei 2013).
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, 28(2). (Online), (http://forumkependidikan.unsri.ac.id, diakses 4 Maret 2013).
Moore, T. D. 2007. Critical Thinking and Intelligence Analysis. Washington: National Defense Intelligence College.
Onions, P. 2009. Thinking Critically An Introduction, (Online), (http://patrickonions.org, diakses 20 Februari 2013).
Petersen, L. 2004. Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Terjemahan oleh Ismail Isdito. Jakarta: Grasindo.
Priyanto, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Kuncoro, E. A. 2012. Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Sahid. 2012. Teori Konsentrasi Belajar, (Online), (http://www.konsistensi.com, diakses 20 Februari 2013).
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.
Saputra, J. 2013. Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tesis tidak diterbitkan. Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Sumardi. 2004. Usaha Meningkatkan Konsentrasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Keterampilan Guru Mengelola Kelas pada Siswa MTs. Jurnal MIPA, 14(1). (Online), (http://eprint.ums.ac.id, diakses 6 Mei 2013).
Surya, H. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Surya, H. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)