Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Angga Antony Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8420

Keywords:

hasil belajar, strategi, everyone

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran “everyone is a teacher here†untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 25 Gadut Tilatang Kamang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aspek-aspek sebagai berikut: (a) Rata-rata tingkat perencanaan pembelajaran pada siklus I adalah 80 (B), dan siklus II meningkat menjadi 96 (SB), (b) Rerata tingkat pembelajaran guru pada siklus I 79 (C) meningkat menjadi 98 (SB) pada siklus II, dan ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, perolehan rata-rata siswa 79,5 (C) meningkat menjadi 96 (SB) pada siklus II, (c) Pada siklus I prestasi belajar siswa mencapai rata-rata pada siklus II adalah 76,8 (C) menjadi 83,8 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi “everyone is a teacher here†dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Buni Aksara

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Imaniar, R. D. S. H. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS TEACHER HERE SISWA KELAS V SD Regina Denok Imaniar PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya, reginadenok@gmail.com Sri Hariani PGSD, FIP, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasa, 7(7), 3731–3740.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304–314.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6((2, Oktober)), 122–130.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.

Downloads

Published

2021-03-06

Issue

Section

Articles