MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI BRAIN GYM

Authors

  • Akhmad Sukri nstitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Elly Purwanti Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.778

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku subyek didik yang mencakup bidang kognitif,
afektif, dan psikomotor setelah menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar dapat dijadikan sebagai
tolok ukur keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan senam otak atau Brain Gym. Senam otak adalah
serangkaian latihan gerak sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan
tuntutan sehari-hari yang bertujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh. Dengan gerakan-gerakan
Brain Gym dapat diambil potensi belajar yang terpendam di dalam tubuh melalui pengangktifan dan
memaksimalkan kedua fungsi belahan otak sehingga terintegrasi dan bekerja dengan baik. Penerapan
Brain Gym dalam pembelajaran di kelas dapat dilakukan pada saat sebelum pembelajaran berlangsung
atau tahapan pendahuluan, selama proses pembelajaran berlangsung atau tahapan kegiatan inti, dan
setelah pembelajaran diberikan atau tahapan penutup. Dengan Brain Gym diharapkan hasil belajar
siswa (kognitif, afektif, dan psikomotor) akan menjadi meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-19

Issue

Section

Articles