PENGGUNAAN LEMBAR PRAKTIKUM TERBIMBING DALAM MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Reza Kusuma Setyansah IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.775

Keywords:

Lembar Praktikum Terbimbing, Aplikasi Komputer, Prestasi Belajar.

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan sebagai pelaksanaan upaya pengembangan profesionalisme dosen
dalam rangka proses penanaman nilai kemandirian belajar kepada mahasiswa melalui sebuah proses
pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok dosen secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam
merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.
Pengamatan penelitian tersebut menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
empat siklus. Pada masing-masing penerapan program kajian pembelajaran terdapat 4 siklus yang
memiliki empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap
refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester genap (kelas V-H) tahun akademik
2012/2013 yang berjumlah 39 orang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisa
data yang dilakukan adalah analisis diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian 39 orang mahasiswa pada siklus I diperoleh banyaknya mahasiswa yang
tuntas adalah 33,33% dan 66,67% mahasiswa yang tidak tuntas.Pada siklus II diperoleh banyaknya
mahasiswa yang tuntas adalah 23,08% dan 76,92% mahasiswa yang tidak tuntas. Pada siklus III
diperoleh banyaknya mahasiswa yang tuntas adalah 79,49% dan 20,51% mahasiswa yang tidak tuntas.
Pada siklus IV diperoleh banyaknya mahasiswa yang tuntas adalah 82,05% dan 17,95% mahasiswa
yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup berarti. Pada perlakuan Siklus
II dan siklus III selain terdapat peningkatan prestasi, penerapan lembar praktikum terbimbing mampu
meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan aplikasi
komputer pada materi program matlab.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-19

Issue

Section

Articles