PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Soka Hadiati STKIP-PGRI Pontianak
  • Adi Pramuda STKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.774

Keywords:

Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi, Prestasi Belajar Psikomotor, Fluida Statis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri
bebas termodifikasi terhadap terhadap prestasi belajar psikomotor. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidika fisika semester dua STKIP
PGRI Pontianak tahun akademik 2011-2012, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan
secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen 1
dengan metode inkuiri terbimbing dan satu kelas eksperimen 2 dengan metode inkuiri bebas
termodifikasi. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar psikomotor dengan metode
pengamatan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri
terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi berorientasi pendidikan karakter terhadap prestasi
belajar psikomotor.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-19

Issue

Section

Articles