PROFIL LITERASI SAINS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 11 PEKALONGAN

Authors

  • Dianita Rokhmiati Ning Universitas PGRI Semarang
  • Feny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6905

Keywords:

Literasi sains, Berfikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrisikan 1. Profil literasi sains siswa, 2. Profil berfikir kreatif siswa kelas VII SMPN 11 Pekalongan pada materi klasifikasi makhluk hidup Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 11 Pekalongan sebanyak 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan soal tes esai yang kemudian dijabarkan berdasarkan indikator literasi sains dan kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan literasi sains siswa SMP N 11 Pekalongan dari skor maksimal 40 sebesar 11,6 ( 29%) dan dilihat dari indikatornya siswa yang mampu memahami fenomena sebesar 38,15 ( 53%), mengidentifikasi permasalahan ilmiah sebesar 2,1 ( 53%), menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 2,2 ( 57%), menggunakan bukti ilmiah sebesar 3,1 ( 79%) dan menerapkan konsep sains secara personal,sosial dan global sebesar 2,5 ( 64%).Sedang kemampuan berfikir kreatif siswa SMP N 11 Pekalongan adalah 16,6 ( 56%) dari skor maksimal 32. Jika dilihat dari kemampuan siswa berdasarkan indikator kelancaran/ Fluency sebesar 1,6 ( 49%), Keluwesan/ Flesibility sebesar 2,5 ( 80%), keaslian/Originality sebesar 2,4 ( 75%), Keterincian/Elaboration sebesar 1,8 ( 56%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dianita Rokhmiati Ning, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan IPA S2

Feny Roshayanti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan IPA S2

Joko Siswanto, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan IPA S2

References

Mijaya, N.P.A.P., A.A.I.A.R. Sudiatmika, and K. Selamet, PROFIL LITERASI SAINS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2019. 2(2): p. 161-171.

Muliyani, R. and Y. Kurniawan. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dan Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. in PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 2014.

Nofiana, M., Profil kemampuan literasi sains siswa smp di kota purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 2017. 1(2): p. 77-84.

PISA,2010, Assesing fragmework key competencies in reading, mathemaics, and science, OECD Publishing

Pertiwi, U.D., R.D. Atanti, and R. Ismawati, Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2018. 1(1): p. 24-29.

Puspita, L., N. Supriadi, and A.D. Pangestika, Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 2018. 9(1): p. 01-12.

Sunaryo, Y., Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. 2013, Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-09-08

Issue

Section

Articles