Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Fardatul Amalia, Junaidah Wildani, Mohammad Rifa'i

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi statistik siswa kelas IX ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Assa’adah II. Subjek penelitian sebanyak dua siswa yang terdiri dari satu siswa bergaya kognitif field dependent dan satu siswa bergaya kognitif field independent. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes dan wawancara. Tes yang digunakan terdiri dari tes GEFT untuk mengelompokkan gaya koginitif siswa dan tes literasi statistik untuk memperoleh data profil literasi statistik siswa berdasarkan kemampuan matematika yang setara. Sedangkan, metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi mengenai proses siswa dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent kurang mampu membaca data dalam tabel, tidak mampu menentukan data yang akan disajikan ke dalam diagram batang dan tidak mampu menyajikan diagram batang dengan benar. Sedangkan, siswa yang memiliki gaya kognitif field independent mampu membaca data yang disajikan, mampu menentukan data yang akan disajikan ke dalam diagram batang dan mampu menyajikan diagram batang dengan benar.


Keywords


Profil Literasi Statistik, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent

Full Text:

PDF

References


Inayah, Nurul. 2017. The Influence of Mathematical Reasoning and Cognitive Style Towords Student's Comunication And Connection Ability to the Statistical Topic in Class XI Exact of Public Senior High School Palu. Jurnal Education. 5 (1): 122-123.

Irianto, O. P., & Febrianti, Y. L. 2017. Pentingnya Penguuasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Jurnal Education and Language International Conference Proceedings Center for Language Development of Unissula : 640-642.

Karimah, Nikmatul. 2016. Profil Literasi Statistik Siswa SMA Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Komandoko, & Suherman. 2017. Profil Intuisi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun. 5 (1): 4.

Manik S. 2017. Netizen Indonesia, Angka Literasi, dan Maraknya Hoax. https://www. Kompasiana. com/ amp/ maniksukoco/ Netizen-Indonesia-Angka-Literasi-dan Maraknya-Hoax. Diakses tanggal 17 Maret 2019.

Maryati, I., & Priatna, N. 2018. Analisi Kemampuan Literasi Statistis Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Jurnal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 2 (2).

Rochmawati, A., & Hariastuti, H. R. 2017. Analisis Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. 1 (1): 4.

Takaria, J. 2015. Literasi Statistis dalam Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Matematika.


Article Metrics

Abstract has been read : 2640 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats