Profil Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP dalam Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat

Authors

  • Citha Ade Priyandani STKIP PGRI Pasuruan
  • Nonik Indrawatiningsih STKIP PGRI Pasuruan
  • Ani Afifah STKIP PGRI Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5329

Keywords:

Creative Thinking, Level of Creative Thinking, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa kelas VII SMP dalam pemecahan masalah pokok bahasan segitiga dan segiempat. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi berada pada TBK 4, subjek mampu menunjukkan aspek kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Subjek berkemampuan matematika sedang berada pada TBK 2, subjek hanya mampu menunjukkan aspek kelancaran dan keluwesan. Sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah berada pada TBK 0, subjek tidak mampu menunjukkan semua aspek kemampuan berpikir kreatif.

 

This research is qualitative research that aims to describe the level of creative thinking of Grade VII Middle School students in solving triangles and quadrilateral problems. The subjects in this study were three students with high, medium, and low mathematical abilities. Data collection uses tests of creative thinking skills, interviews, and documentation. The results showed that subjects with high mathematical abilities were at TBK 4, subjects were able to show aspects of fluency, flexibility, authenticity, and detail. Subjects with mathematical abilities are at TBK 2; subjects are only able to show aspects of fluency and flexibility. While subjects with low mathematical ability are at TBK 0, subjects are not able to show all aspects of creative thinking abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Abdul. 2014. Proses Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Siswa Kelas VIII MTs NW Suralaga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(10)

Cahyanti, Laellina. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kerja Keras Siswa Kelas VII A Pondok Pesantren Modern Zam-zam Cilongkok. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Fauziah, Yuli Nurul. 2011. Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran IPA. Jurnal Edisi Khusus. (2).

Huda, Nurul. 2017. Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkn Masalah Segitiga Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis Kelas VII SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 4(3): 382-396.

Prianto, Agus. 2016. Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran RME. Jurnal Pendidikan. 1(7): 1442-1448.

Rahmawati, Irna. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Richardo, Rino. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(2).

Siswono, T.Y.E. & I.K, Budayasa. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Kongres Himpunan Matematika Indonesia di Universitas Negeri Semarang, Semarang, 24-27 Juli.

Siswono, T.Y.E. 2007a. Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 2(4).

Siwono, T.Y.E. 2007b. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Penelitian Pendidikan di Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 25-26 Juli.

Sunarya, Linda. 2013. Profil Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Motivasi dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 1(7).

Triyono, Fajar. 2015. Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Ended dengan Model Empat-K Materi Segitiga dan Segiempat. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wulantina, Endah. 2015. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika pada Siswa Kelas X MIA SMAN 6 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(6): 671-682.

Downloads

Published

2018-09-08

Issue

Section

Articles